PEKANBARU, PILARBANGSANEWS. COM,– Polisi di Kota Pekanbaru mengingatkan agar orang tua dan wali murid, jangan cepat percaya jika mendapat telp dari orang tak dikenal yang mengabarkan anak anda sedang kritis di rumah sakit atau sedang berurusan dengan pihak berwajib. Sebab apabila sipenelphon tidak dikenal kebanyakan itu modus (modal dusta) melakukan kejahatan penipuan.

Dalam bahasa polisi modus itu bukan singkatan dari modal dusta tapi artinya adalah cara/rentetan seseorang dalam melakukan tindakan kejahatan.

“Kasus ini sebenarnya sudah sering terjadi di kota kota besar, pelakunya sudah banyak yang ditangkap, tapi si Pakanbaru sebaiknya perlu juga diinformasikan,” kata Panit Bintibmas AIPTU RP SIREGAR dan BRIPKA DONI SATRIA saat memberikan penyuluhan di SMPN 18 Jl.Lily kec.Sukajadi Pekanbaru, Rabu (3 /10).

Penyuluhan itu salah satu dari sekian Program Promoter Kepolisian Satuan Binmas Polresta Pekanbaru dalam bentuk kegiatan BINREDAWAN (Pembinaan Remaja dan Wanita) dilembaga Pendidikan.

Pelakasnaan Program Promoter No P8.38.1 tentang membangun sekolah sebagai basis anti kejahatan jalanan, terorisme, narkoba, separatisme & ideologi anti Pancasila dilaksankan Satuan Binmas Polresta Pekanbaru.

Pelaks giat program prioritas Kapolri Promoter dan pelaksana tugas rutin di Sat Binmas dilaksankan jajaran Kasat Binmas Polresta Pekanbaru AKP Sunarti.
Materi penyuluhan mencakup Kegiatan Pembinaan dan penyuluhan (Binluh) tentang antisipasi kenakalan remaja mengenai P4GN Pencegahan Pembrantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan bahaya Narkoba.

Terkait dengan penelphon modus, orang tua kata BRIPKA DONI SATRIA, jangan langsung mempercayai yg disampaikan pelaku kejahatan tersebut. Untuk mengecek kebenarannya pertama hubungi pihak sekolah atau anak kita.

Jika yang dihubungi tidak memberikan jawaban, segera ke.kantor polisi yang terdekat. Laporkan bahwa kita mendapat telp tanpa dikenal, yang mengatakan putra atau putri mengalami kecelakaan. Dari sini akan cepat diketahui benar atau bohong kabar itu.

Selain dari itu Babinkamtibmas BRIPKA DONI SATRIA menghimbau juga tentang larangan anak-anak sekolah yg membawa sepeda motor tapi belum mempunyai SIM.

Hal yg ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah hadirnya Polisi ditengah2 masyarakat khususnya dilembaga pendidikan sekolah guna menjalin kemitraan serta Publik Trust sehingga terciptanya kesadaran masyarakat memelihara kamtibmas yg kondusif. (Resta PKU)

By Pilar