Meskipun baru usia 11th, penampilan gadis disabilitas ini bak gadis seventeen girl, ayu tenan. Itu penilaian saya, mungkin kita berbeda, sebab saya hanya selintas pernah melihatnya.

Gadis cilik kelas IV SD ini telah mengharumkan nama Riau, vidionya bersama Presiden Jokowi pada opening ceremony Asian Para Games 2018 yang dilangsungkan di GBK (Gelanggang Bung Karno), Sabtu (6/10) ditonton oleh jutaan manusia lewat pesan WhatsAppnya atau jejering sosial lainnya dibeberapa negara Asia khususnya negara yanb mengirimkan atlitnya pada pesta olahraga disabilitas itu.

Siapa sangka pemilik nama Bulan Kurnia Rudianti yang lahir tanpa memiliki kedua belah kaki ini bisa memanah bareng bersama Presiden Jokowi dalam sebuah Iven besar olah-raga bagi penyandang cacat di Asia. Padahal olahraga memanah itu baru dipelajarinya 2 bulan ini.

“Dia yang minta belikan busur panah, belajar secara otodidak, pak uwo,” kata mama Bulan kepada penulis beberapa waktu lalu.

Kenapa sampai begitu cepat nama Bulan melenjit?

Jawabnya adalah karena Bulan rajin ikut bersama Tim Jum’at Baroqah Polresta Pekanbaru. Dia memang tak ikut bersedekah materi, tapi Bulan dijadikan inspirator dan motivator oleh pak Waka Edy.

Bulan telah menuai keutamaan bersedekah itu, Dimana salah satu keutamaan bersedekah pada hari Jumat telah diriwayatkan oleh Imam ‘Abdurrazzaq ash-Shan’ani rahimahullah dari Imam Sufyan ats-Tsauri, dari Mansur, dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, “Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim bertepatan dengannya dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala melainkan Dia akan men-datangkan kebaikan itu kepadanya.”

Baca juga;

Indahnya Berbagi…

Dengan hari penuh kebaikan pada hari Jumat ini, maka sedekah yang dilakukan khususnya pada hari Jumat akan memberikan kebaikan yang lebih berlipat ganda dibandingkan dengan hari lainnya dan kebaikan yang bisa dilakukan diantaranya adalah sedekah pada hari Jumat tersebut.

Tahu betapa banyak keutamaan yang bakal diperoleh bersedekah di hari Jum’at, maka Polresta Pekanbaru setahun lalu menggulir program kegiatan ini.

Program tersebut diciptakan oleh Kapolresta Kombespol Susanto SIK SH MH, bersama wakilnya AKBP Edy Sumardi SIK, dalam rangka mengisi semboyan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dikenal dengan. Promoter yakni Polisi yang Profesional, Modern dan Terpacaya.

Setiap hari Jumat tak pernah absen dilaksanakan kegiatan Jum’at Baroqah, awalnya yang menjadi tim hanya anggota Polresta, tapi kini banyak organisasi profesi di Kota Pekanbaru yang ikut memperkuat tim.

Diantara sekian banyak anggota Tim , Bulan Kurnia Ridianti salah satu diantaranya yang rajin dibawa serta oleh pak Waka AKBP Edy Sumardi setiap melaksanakan kegiatan.

“Pokoknya kalau bulan tidak sekolah selalu dia dipesan oleh bang Edy ikut memperkuat tim,” ujar Kak Purwanti mamanya Bulan satu kali bercerita pada penulis.

Mungkin karena rajinnya bulan ikut bersama Tim Jum’at Baroqah Polresta Pekanbaru, doa kak Wanti dan Putri nya dikabulkan Allah…

Bulan terpilih mendampingi Presiden Jokowi sebagai pemeran video opening ceremony Asian Para Games 2018.

Dengan terpilihnya Bulan memanah bareng Presiden Jokowi, nama Bulan semakin melejit, salah satu stasiun Televisi Swasta Nasional mewawancarai Bulan, Tidak hanya itu beberapa media Online di Jakarta ikut menayangkan wawancara mereka bersamaan Bulan

Anggota Group WhatsApp “Jum’at Baroqah Polresta Pekanbaru”, kini diganti menjadi “Jumat Baroqah Pekanbaru”, memberikan apresiasi kepada Bulan. Salah seorang anggota grup Elina Koto menulis dipesannya; “Bulan, perkenalkan JB (Jum’at Baroqah) kita disana ya sayang, agar JB kita bisa diundang juga ke istana.”

Prof Marnis dosen UNRI yang rajin ikut memperkuat Tim JB menulis : Alhamdulillah JB Polresta Pekanbaru sudah Go Nasional, dan Selamat Nanda waka Polres berikut jajarannya serta Tim JB yg Solid,”

Prof Marnis yang akrab dipanggil Bunda oleh anggota Tim JB Pekanbaru, harapannya sama dengan anggota lain di grup WhatsApp itu juga menjadi keinginan bagi Kapolresta Kombespol Susanto dan Waka AKBP Edy Sumardi, agar program JB Pekanbaru menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk berbuat hal yang sama dalam berbagi reski…..

Yang menjadi renungan saya, setelah Bulan diangkat derajatnya atas berkah Jum’at Baroqah, bakal menyusul anggota Tim JB yang lain… itu Insya Allah pasti…., siapa dia? Kita tunggu kabar berikutnya…

Disambut Anggota Tim JB

Setelah beberapa hari Bulan Di Jakarta, sore tadi pesawat yang membawa Bulan dan mamanya mendarat Di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Kepulangan Bulan sedianya akan disambut Waka AKBP Edy, tapi karena ada sesuatu hal sehingga Edy mewakilkan kepada Ari Wartawan memberikan bunga untuk Bulan.

Ini kata Bulan pada pak Wakapolrestanya;

(YY)

By Pilar