BATANG KAPEH, PILARBANGSANEWS. COM,-– Entah siapa nama polisi yang mengambil video dan membuat skrip video ini, cerita bagus untuk kita tonton. Inspiratif, motovatif, humanis…

Apakah Vidio ini pesanan sang Kapolda atau murni diambil oleh polisi Humas/ fotografer Polda Sulsel untuk mendokumentasikan kegiatan pimpinannya?

Kalau benar itu pesanan, berarti Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, sedang melakukan pencitraan.

Untuk apa, bagi seorang Kapolda melakukan pencitraan? Bukankah Kapolda itu tidak jabatan politis dan tidak diraih oleh seseorang calon Kapolda berdasarkan pemilihan umum.

Jabatan Kapolda, adalah jabatan setengah politis dan juga karier. Disebut sebagai jabatan setengah politis, karena dia akan menghadapi berbagai persoalan kemasyarakatan yang tak terkait dengan tugas tugas Polri. Disebut sebagai jabatan karier karena untuk jadi Kapolda itu harus melalui serangkaian pendidikan dan dipilih oleh Kapolri.

Lantas kalau bukan jabatan politis untuk apa melakukan kegiatan diluar Promoter (profesional, modern dan terpercaya) sebagaimana yang disemboyankan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian. Ini artinya, sebagai penegak hukum di negara ini polri diharapkan mampu melaksanakan sebaik baiknya tanpa ikut-ikutan menjadi alat partai politik.

Sebaiknya kita tak perlu mempersoalkan untuk apa Kapolda melakukan kegiatan kegiatan diluar tugas-tugasnya sebagaimana diatur dalam peraturan internal Polri.

Dan kita pun tidak pula harus menuntut Kapolda lainnya meniru apa yang dilakukan oleh Irjen Umar Saptono.

Biarlah masing-masing Kapolda itu berimprovisasi saat berinteraksi dengan lingkungannya sesuai dengan potensi dan karakteristik kepribadian yang mereka miliki masing masing. Setiap individu itu jelas sangat berbeda.

Bagi saya sepak terjang Kapolda Irjen Pol Umar Sapto membuat saya salut dan hormat padanya, apalagi kalau niat sang jenderal sedang mencoba mencari amal, sebagaimana Allah SWT berfirman; Barangsiapa Yang mengerjakan Kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan Melihat hal (balasannya). Dan barangsiapa Yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun niscaya dia akan Melihat hal (balasannya) pula “ (QS: Az-Zalzalah: 7-8)

Lanjut Jendral…… (YY)

Saksikan video Irjenpol Umar Sapto sedang berinconito…

By Pilar