Medan, Pilarbangsanews.com -. Pengungkapan kasus tindakan Pidana jaringan internasional sindikat Malaysia-Bagan Asahan-Tanjung Balai-Medan dan jaringan sindikat Malaysia-Aceh-Medan tentang narkotika jenis sabu-sabu di halaman Ditresnarkoba Poldasu yang dipimpin Wakapoldasu mewakili Kapoldasu Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto SH, didampingi oleh Dir. Narkoba Kombes Pol. Hendri Marpaung SH, PJU Poldasu dan Labfor Cabang Medan, Jumat (19/10/18) pukul 14.30 wib, hasil penangkapan dari 4 lokasi dari tanggal 06 s/d 14 Oktober 2018, dengan tersangka sebanyak 9 orang, 4 orang diantaranya terpaksa diambil tindakan tegas dan terukur, dan barang bukti yang berhasil diamankan 41,5 Kg narkotika jenis sabu-sabu.

Penangkapan pertama berdasarkan informasi yang layak dipercaya, dilakukan penyelidikan selama 1 Minggu berhasil mengamankan 4 orang di Tanjung Balai Kota yakni FM (33 thn), sebagai Tekong sampan bersama temannya W (43 thn) dan IP (43 thn) mengambil Shabu Shabu dari Zul di Portklang Malaysia dengan berat 7 Kg Shabu yang dikemas dalam bungkus plastik warna hijau bertuliskan “Guanyinwang”, mereka disuruh oleh R (36 thn) yang berhasil diamankan keesokan harinya.

Kemudian pada hari Kamis (11/10/18) berhasil diamankan petugas 3 orang tersangka yakni MB (46 thn), MY (40 thn) dan M (32 thn) yang ketiganya warga Nangroe Aceh Darussalam, lokasi penangkapan di Jalan Gagak Hitam tepatnya di Stasiun Bus Sempati Star Medan, pada saat penangkapan ke 3 tersanka berusaha melarikan diri, terpaksa petugas mengambil tindakan tegas dan terukur. Dari hasil penangkapan tersebut dari dalam tas ransel ditemukan 10 Bungkus plastik teh berwarna kuning keemasan yang berisikan narkotika jenis sabu-sabu dengan berat total keseluruhan 10 Kg.

Selanjutnya di lokasi yang berbeda yakni di kolam pancing Naray Desa Limau manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang (12/10/18) sekitar pukul 17.00 wib merupakan penangkapan ke 3 seorang berinisial HS (30 thn) juga berusaha melarikan diri, terpaksa petugas mengambil tindakan tegas dan terukur. Dari tersangka berhasil diamankan Barang Bukti berupa Shabu seberat 1,7 gram, 1 set bong, 1 timbangan electrik.

Di depan gerbang keluar tol Amplas Medan terjadi penangkapan ke 4 oleh petugas, berhasil mengamankan 1 unit mobil Daihatsu Xenia BM 1595 OS dengan penumpang 3 orang, 1 orang berhasil ditangkap yakni IF (32 thn) dan 2 orang lainnya berhasil melarikan diri.
Hasil penggeledahan dari dalam mobil ditemukan 19 bungkus plastik teh berwarna kuning keemasan dengan tulisan “Guanyinwang”.

Dari ke 4 penangkapan tersebut berhasil diamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu-sabu dengan berat global sekitar 41,5 Kg.
Selanjutnya para tersangka ditahan di Mako Poldasu guna penyelidikan dan pengembangan kasus.(Ezl)

By Pilar