Palanta Baselo Sungai Duo Ditaja Oleh Babinkamtibmas Dan Masyarakat

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com – Peka terhadap problema sosial yang sering terjadi ditengah masyarakat Nagari Sungai Duo menyangkut hukum, menjadi perhatian serius oleh Wali Nagari Sungai Duo Ali Amran dan Bripka Rahmat.H, Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung I Dharmasraya.

Menyikapi semua itu Ali Amran bersama Rahmat.H, pada bulan Desember 2018 menaja mendirikan Palanta Baselo, dimana pembuatannya dimulai pada 20 Januari 2019.

Gagasan itu akhirnya terealisasi juga dibulan Februari 2019, sehingga Bupati Dharmasraya Sutan Riska berkeinginan untuk meresmikannya untuk dijadikan contoh di Nagari lainnya.

Menempati sebuah ruangan tersendiri di samping kantor Wali Nagari Sungai Duo, berdirilah sebuah Palanta Baselo yang berfungsi untuk menampung dan menyelesaikan permasalahan di Nagari Sungai Duo.

Ditempat itu lah nanti, warga Nagari Sungai duo berkumpul dalam menyelesaikan setiap masalah (Problem Solving) non yuridis dimediasikan.

Loading...

” Kita tidak ingin setiap masalah non yuridis yang terjadi ditengah masyarakat kita bermuara ke ranah hukum, kalau bisa kita selesaikan secara musyawarah kita selesaikan dulu,” ucap Rahmat.H, pada awak media ini.

” Gagasan ini muncul dari sebuah persoalan yang dulu pernah terjadi disini, masa persoalan anatara ibu dan anak harus berujung ke pengadilan,” Tambah Wali Nagari Ali Amran saat dimintai awal munculnya gagasan ini.

” Palanta Baselo ini dibuatkan ruang khusus dan terbuka, agarq menghindari keberpihakan
menyelesaiakan setiap masalah yang terjadi,” tambah Ali Amran.

Rupanya gagasan yang dibuat di Nagari Sungai Duo ini, mendapat respons positif Bupati Dharmasraya sehingga Bupati Dharmasraya langsung yang meresmikannya pada Senen (11/2).

Sementara itu Kapolsek Sitiung I Koto Agung Iptu Syafrinaldi, saat dimintai tanggapanya terkait kinerja bawahannya, sangat bangga dengan ide ide kreatif yang dilakukan anggotanya.

” Mudah-mudahan ide ide kreatif ini menjadi contoh bagi bhabinkamtibmas lainya dalam membangun kemitraan antara polisi dan masyarakat,” ungkap Iptu Syafrinaldi. (rjl)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *