.

Kapendam IV Bekali Taruna Akmil Bijak Bermedsos

Tingginya pengguna media sosial (Medssos) telah memberikan dampak yang besar diseluruh sendi kehidupan kita saat ini. Dengan medsos seseorang yang dianggap “remeh/kecil” dalam sekejap bisa berubah menjadi sangat “populer/besar”, begitupun sebaliknya orang “besar” hanya dalam hitungan detik bisa jatuh dan hancur menjadi “kecil”.

Penggunaan medsos dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya, seperti untuk memperluas jaring komunikasi/pertemanan, sebagai sarana bisnis/usaha, berbagi informasi dan pengetahuan, dan hal positif lainya. Namun demikian penggunaan medsos juga dapat berdampak terhadap hal negatif seperti kurang bersosialisasi, berkurangnya empati, penyebaran _hoax_ dan _hate speech_, penipuan, pornografi, kecanduan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebagai kalangan akademisi dan calon pemimpin TNI AD masa depan harus lebih cerdas memilih dan memilah serta lebih bijak dalam menggunakan medsos agar tidak ikut larut dan terjebak dalam pusaran arus negatif di dunia maya.

Hal tersebut disampaikan Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum., kepada 1.042 Taruna/Taruni Akademi Militer (Akmil) di Gedung Moch. Liliy Rochli Komplek Akmil Magelang, Senin (25/3).

Diterangkan Kapendam, menurut hasil survey _Wearesosial Hootsuite_ yang dirilis Januari 2019, pengguna medsos di Indonelsia telah mencapai 150 juta orang atau telah mencapai 56% dari jumlah penduduk Indonesia yang 268 juta orang. “Termasuk 1.042 Taruna/Taruni yang ada dihadapan saya”, imbuhnya.

Menurut Kolonel Arh Zaenudin, menyikapi derasnya arus informasi dan perkembangan penggunaan medsos saat ini, para Taruna/Taruni harus lebih cerdas dalam memilih dan memilah informasi yang beredar di medsos.

Terlebih di era _Post Truth_, dimana dengan masifnya pemberitaan, kebenaran media telah mengalahkan kebenaran yang sebenarnya ( _hyperrealitas_ ). Para Taruna/Taruni harus lebih hati-hati dan lebih bijak dalam bermedsos sehingga tidak terjebak dalam pusaran _HOAX_ yang dapat menghancurkan kehidupan bangsa.

Jangan sampai justru para prajurit maupun Taruna/Taruni ikut-ikutan mengupload, memposting dan mengshare informasi, foto maupun video yang tidak sesuai dengan norma keprajuritan hanya untuk mematutkan dirinya sendiri dan mengejar popularitas yang tidak sesuai dengan cita-cita dan kejuangan yang diwariskan oleh pendahulu bangsa, imbuhnya

“Perlu langkah-langkah agar tidak terjebak dalam candu _gadget_ dan haus akan popularitas”, tegas Pamen dengan tiga melati di pundaknya.

Ditambahkan Kapendam, memang benar pada era sekarang ini prajurit harus melek teknologi, dan penggunaan medsos sudah tidak dihindari lagi, tetapi harus bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok.

Ahli perang dari China Sun Tzu pernah mengungkapkan bahwa ketrampilan terhebat dalam sebuah perang adalah menaklukkan musuh tanpa harus bertempur.

Ujaran kebencian, _hoak_, penyebaran paham radikal, teroris dan lain-lain yang tersebar di medsos bisa jadi salah satu bagian dari strategi perang tersebut. Oleh karena itu, dengan telah diberikannya sosialisasi tentang penggunaan medsos di lingkungan TNI AD ini, para Taruna/Taruni Akmil dan seluruh prajurit tidak lagi terjerumus dan terbawa arus _phubbing_ dan _social climber_ serta kebali ke jati diri prajurit untuk berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku.

Diakhir penyampaiannya, Kapendam berpesan agar para Taruna/Taruni harus bisa menjadi contoh dan panutan dengan bijak dalam menggunakan medsos sesuai dengan kebijakan pimpinan baik yang disampaikan langsung maupun melalui Surat Telegram (ST) yang sudah dikeluarkan.

“Saring dulu sebelum _sharing_, _share_ yang penting-penting bukan yang penting sharing, karena jarimu adalah harimaumu”, pungkasnya. (Yudhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *