.

Hasil Survei LKPI; Jokowi Kalah, Pribowo Menang

Jakarta, Pilarbangsanews.com, -Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Tubagus Alvin mengatakan dalam survei terbarunya pasangan petahana Joko Widodo – Ma”ruf Amin diprediksi akan kalah dari pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno di Pilpres 2019 mendatang.

“Tingkat elektabilitas pasangan Joko Widodo – Ma”ruf Amin hanya berkisar 40,9 persen dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno 58,1 persen,” kata Tubagus Alvin saat pemaparan hasil survei di kawasan Cikini, Jumat (5/4/19).

Alvin menjelaskan, penyebab merosotnya tingkat keterpilihan Jokowi-Ma”ruf Amin diakibatkan oleh beberapa hal.

Pertama, sebanyak 58,1 persen masyarakat berpendapat bahwa negara Indonesia saat ini sedang berjalan ke arah yang salah seperti: bertambahnya hutang negara, tingginya tingkat korupsi yang kian merajalela, mempermudah masuknya tenaga kerja asing di Ondobesia, serta maraknya jual beli jabatan di Oemerintah dari tingkat desa sampai tingkat pusat.

“Kedua, menurunnya tingkat pendapatan dan perekonomian keluarga yang sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia sebesar 85,5 persen selama kurun waktu 4 tahun terakhir,” terang Alvin.

Selain itu, ketidakpuasan masyarakat dalam keadaan negara saat ini di bawah kepemimpinan Jokowi seperti berkembangnya ideologi khilafah yang sangat meningkat, sehingga mengancam ideologi Pancasila dan suburnya pllitik identitas dalam kehiduoan sosial politik.

“Hal ini tercermin dari temuan survei sebanyak 79,1 persen sehingga mengakibatkan ketidakpuasan masyarakat mencapai 65,6 persen,” ungkapnya.

Adapun, kata Alvin, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam Pemilu tahun 2019, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah.

“Dari popupalasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) dengan responden sebanyak 2.426, dengan margin of error sebesar 1,99 peraen pada ttingkat kepercayaan 95 persen,” terang Alvin.

Survei diakukan dengan wawancara tatap muka oleh surveyor pada 20 Maret – 3 April 2019.

Selain itu, Alvin juga mengungkapkan sumber perolehan dana dalam melakukan survei kali ini. Karena, kata dia, sebelumnya belum ada lembaga survei yang menjelaskan dari mana dana penelitian didapat.

“Yang pertama, dana didapat dari sumbangan donatur yang terdiri dari pengusaha-pengusaha yang tidak ingin disebutkan namanya. Yang kedua, dana dari LKPI sendiri,” katanya. [ts/gelora.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *