Pekanbaru

Peduli Lingkungan Yang Sehat dan bersih, Babinsa Koramil 05 Sail Taja Fogging

Pekanbaru – Sebagai bentuk antisipasi berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti, penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Kelurahan Sidomulyo Timur Serda Dedi Supriyadi Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru bersama seluruh Warga di wilayah RW.02 Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru melaksanakan fogging yang dimulai dari Jalan Satria RT.02 hingga seputar daerah Pasar Pagi Arengka yang dilakukan pada Minggu (14/04/19) Pagi.

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan fogging tersebut, pihak PTPN V selaku salah satu instansi BUMN rekanan masyarakat bersedia memberikan bantuan berupa 4 (empat) unit mesin fogging yang sebelumnya telah ditempatkan di Kantor Kelurahan.

Warga di lingkungan tersebut, khususnya mereka yang tinggal di RW.02 sangat antusias menyambut kegiatan ini, bahkan mereka juga turut membantu pelaksanaan kegiatan fogging.

Mereka terlihat sangat terbantu atas kegiatan yang diadakan oleh para anggota Babinsa tersebut, sebab dengan demikian tentunya dapat mencegah jatuhnya korban akibat DBD.

Menurut Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso ST melalui Babinsa Serda Dedi turut mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan karena Wilayah Kelurahan Sidomulyo Timur merupakan salah satu tempat terdapatnya penyebaran penyakit DBD, sehingga kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengantisipasinya.

“Peran Kami (babinsa, red) memang harus peduli kepada lingkungan dan berperan aktif di masyarakat, salah satunya yaitu harus dapat turun langsung membantu permasalahan yang muncul ditengah-tengah masyarakat. Seperti pelaksanaan fogging yang bertujuan mematikan dan memotong siklus penyebaran Nyamuk Aides Aigepty.” ujar Serda Dedi.

Dikatakannya juga, Nyamuk tersebut dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia diantaranya yaitu Deman Berdarah Dengue (DBD), Malaria, Chikungunya dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh Nyamuk.

“Kami sangat mengharapkan kepada masyarakat agar dapat mencegah perkembangan nyamuk tersebut dengan cara melakukan pola 3 M yaitu Menguras secara rutin bak mandi, Menutup erat-erat tempat penampungan air, dan Menguburkan kedalam tanah wadah atau tempat yang tidak berguna lagi yang mengakibatkan tergenangnya air.” tambah Babinsa sembari berpesan juga kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan saluran parit-parit, dan lain sebagainya.

Ditempat terpisah, Ketua RW.02 Bapak Abu Bakar Nasution mengucapkan terimakasihnya kepada pihak Koramil 05/Sail dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah memperhatikan kesehatan masyarakat dan kebersihan diwilayah tempat tinggalnya.

“Kami atas nama warga sangat senang dengan kepedulian bapak-bapak TNI dan pihak PTPN V yang telah serius membantu kita semua dalam mewujudkan lingkungan yang bersih terhindar dari berbagai penyakit. Semoga kegiatan sosial seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.” tutup Ketua RW.02.

Kegiatan diakhiri dengan makan bersama sembari bercanda dan berdialog dengan masyarakat serta pemberian secara simbolis bubuk abate kepada warga ke setiap rumah, guna mengantisipasi munculnya jentik – jentik nyamuk.***(Mirza) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *