Mantan Kapolda Komjenpol (Purn) Sofyan Jacob Ditetapkan Jadi Tersangka Makar

Jakarta,
Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol (Purn) Sofyan Jacob ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan, kasus ini bermula dari ucapan Sofyan dalam sebuah video.

Meski begitu, Argo tak menjelaskan secara detail video mana dan ucapan apa yang menjadi dasar Sofyan ditetapkan sebagai tersangka.

“Ada ucapan dalam bentuk video. Tentunya penyidik lebih paham, lebih tahu, dia sudah mengumpulkan. Namanya sudah menetapkan sebagai tersangka berarti sudah memenuhi unsur sudah digelarkan di situ,” ucap Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (10/6).

Laporan terhadap Sofyan, kata Argo, masuk dalam satu laporan yang sama dengan tersangka dugaan makar lainnya, Eggi Sudjana. “Iya, di Mabes Polri, ya. Terlapornya di situ, ya,” kata dia.

Loading...

Argo juga menegaskan, penyidik telah melakukan gelar perkara pada 29 Mei 2019. Dari hasil pemeriksaan saksi dan gelar perkara, Sofyan ditetapkan sebagai tersangka.

“Dan kemarin, setelah kita melakukan pemeriksaan saksi-saksi kemudian yang bersangkutan juga kita sudah lakukan pemeriksaan saksi, ya. Dan kemarin tanggal 29 Mei kita sudah gelar perkara dan kemudian dari hasil gelar perkara bahwa statusnya kita naikkan menjadi tersangka,” tutupnya.

Sofyan sebetulnya dijadwalkan akan diperiksa hari ini oleh penyidik. Namun, pengacara Sofyan, Yani, meminta penjadwalan ulang karena kliennya sedang sakit.

“Ya, hari ini Pak Sofyan Jacob dijadwalkan pemeriksaan, tapi karena beliau berhalangan karena sakit pada hari ini tadi kita antar ke penyidik untuk di-reschedule ulang dan kami siap hadirkan Pak Sofyan Jacob,” ucap Yani di Mapolda Metro Jaya.

Dalam Pilpres 2019, Sofyan Jacob merupakan pendukung Prabowo-Sandi. Dia sempat berpidato di depan kediaman Prabowo di Kertanegara tak lama setelah hasil quick count keluar pada Rabu, 17 April 2019. (Kumparannews)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *