LisdaPessel

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan “Urang Rumah E” Minum Air Kelapa Diemparan

Di suatu sore, sehabis lebaran tahun 1440 H atau tahun 2019 Masehi ini, Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni Dt Bandonasau bersama “urang rumah e” (istrinya) Hj Lisda Rawdha ST M.Mtr berjalan kaki JJS (jalan jalan sore).

Mereka nampak JJS berdua saja keluar rumah dinas menuju arah ke pasar Inpres kota kecil Painan

Sekitar lebih kurang 250 Meter dari Rumah Dinas Bupati, arah ke Pasar Inpres Painan, disana ada penjual Aie Karambia Mudo ( air kelapa muda) yang mengelar dagangannya ditritoar.

Bupati dan Nyoya berhenti disana dan langsung duduk berdampingan di kursi panjang yang disediakan oleh pedagang itu.

“Oh… Pak bupati dan bunda Lisda singgah… Duduk pak, Bu..,” kata sipedagang tergopoh-gopoh menanti konsumen yang tak dia sangka sangka.

“Iyo… Tarimo kasih. Agiah kami karambia Mudo duo,” kata Bupati Hendrajoni minta dibukakan dua butir kelapa muda.

“Untuk bunda jangan dikasih es,” ya uni kata Lisda kepada Uni sepenjual air kelapa muda itu.

“Ambo pake es tapi sakatek sajo esnya,” sela Bupati Hendrajoni.

“Iyo pak, Iyo Bu…,” Jawab sipedagang mengiyakan permintaan pembeli yang ternyata orang nomor satu di Pesisir Selatan itu.

Tak berapa lama menunggu, sajian Aie Karambia Mudo ( Air Kelapa Muda) telah siap dan sudah berada ditangan kedua pembeli istimewa ini.

Baru akan menyeduh air kelapa muda yang gelasnya sudah ditangan, datang beberapa orang anak muda, “Oh…, Pak bupati dan bunda kironyo,.

Salam selamat hari rayo pak,” kata beberapa orang pemuda itu seraya mendekat.

Bupati dan Lisda Hendrajoni anggota DPR-RI dari partai Nasdem inipun menerima salam anak anak muda itu.

“Mari minum. Silahkan duduk,” kata Lisda Rawdha nan elok baso.

Tolong dibuatkan adik adik ini masing masing sebuah,” kata Bupati kepada sipenjual karambia mudo

ooOoo

Kita tinggalkan cerita Bupati dan Lisda Rawdha minum air kelapa muda diemparan ditritoar, kita coba mengungkap apa manfaat air kelapa muda bagi tubuh kita?

Dikutip dari IDNTimes inilah beberapa khasiat atau manfaat air kelapa yang baik bagi kesehatan dan wajib untuk kamu ketahui.

Simak baik-baik dibawah ini ya!

1. Mengatasi dehidrasi, terutama saat sakit diare, disentri dan koleraAir kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah.

Itu sebabnya air kelapa mudah untuk mengisi cairan tubuh.

2. Menguatkan sistem imun dari penyakit gusi, infeksi saluran pencernaan, tifus dan infeksi Air kelapa memiliki kandungan untuk menghilangkan bakteri dan melawan virus.

3. Menurunkan berat badan tanpa efek samping, seperti yang terdapat pada obat-obatan kimiaAir kelapa memiliki kandungan lemak, gula dan kalori rendah.

4. Menambah energi, sebagai pengganti minuman energi kemasanAir kelapa meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang membuatmu lebih berenergi.

5. Mencegah penuaan diri dan meminimalkan penuaan kulitAir kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang berguna untuk proses pertumbuhan dan regulasi sel.

6. Sistem pencernaan membaik dan buang air lancarAir kelapa mengandung serat yang baik bagi pencernaan.7. Membuat kulit halus dan bercahayaAir kelapa memiliki kandungan yang baik untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit.

8. Air kelapa baik untuk ibu hamil dan janinAir kelapa mengandung asal laurat yang juga ditemukan dalam asi untuk melawan berbagai penyakit dari jamur, bakteri dan virus.

9. Meningkatkan vitalitas pria, terutama yang menginginkan keturunanAir kelapa dapat menetralisasi kandungan nikotin yang mengganggu kesuburan pria.

10. Menghilangkan racun-racun dalam tubuhAir kelapa memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.Ternyata, banyak sekali manfaat dari air kelapa. Gak heran kalau air kelapa juga diminati orang turis mancanegara, terutama yang gak tinggal di daerah tropis.

Sekarang pun banyak tersedia minuman air kelapa dalam kemasan.

Namun, pasti sensasinya berbeda dengan minum langsung dari buahnya dan minum Diemparan seperti yang dilakukan oleh bupati Pesisir Selatan dan istrinya.(YY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *