Dharmasraya

Dinas Pertanian Dharmasraya Pacu Pelaksanaan Reflanting Sawit Untuk Petani Dharmasraya

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com – Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau dikenal dengan sebutan Reflanting sudah mulai berjalan di Kabupaten Dharmasraya.

Sebagai Pilot Project di Sumatera Barat, saat ini pengerjaan fisik tumbang chipping dan land clearring sudah di mulai lokasi 4 kelompok tani yang ada di Kenagarian Sungai Dareh dengan menggunakan 6 excapator

Ke empat (4) Kelompok tani penerima bantuan peremajaan sawit sebesar Rp 25 juta/hektar/petani itu adalah Keltan Saiyo Sakato, Keltan Kamang Masam, Keltan Kebun Tani Makmur dan Keltan Bukik Sayak dengan total luas 341,23 hektar.

” Kami bertekad untuk menggunakan dana ini sesuai peruntukannya dan transparan ” ungkap Kenny Robert ketua kelompok Tani Keluarga Saiyo Sakato.

Bantuan yang bersumber dari Badan Pengelola Dana Peremajaan Kelapa Sawit (BPDPKS) dalam pelaksanaannya diawasi oleh banyak pihak seperti kejaksaan dan lembaga pengawas lainnya.

” Sebagai pilot proyek dan pelaksanaannya secara swakelola, kami akan bekerja sebaik mungkin ” sambung M. Zuhdi Ketua Keltan Kebun Tani Makmur.

“ Pekerjaan fisik sudah dimulai sejak awal Juli, uangnya sudah ditransfer ke rekening 180 orang petani senilai Rp.8,53 Milyar,” ungkap Kabid Perkebunan Martin Effendi HS, S. Hut, MM.

” Saat ini tengah diproses transfer senilai Rp. 14.02 milyar untuk 3 Kelompok Tani dan KUD seluas 560.99 hektar, imbuh Martin Effendi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya Darisman. S. Si, MM, menyampaikan tahun 2019 program Reflanting di Kabupaten Dharmasraya ditargetkan seluas 3.200 hektar.

” Program ini terbuka bagi seluruh petani dan masyarakat Dharmasraya, yang penting syarat teknis dan administrasi terpenuhi, mumpung program ini masih ada, mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya” ucap Darisman.

” Untuk Kabupaten Dharmasraya program Reflanting akan kita targetkan seluas 8.000 hektar, sehingga dana sebesar Rp. 200 Milyar dapat diboyong untuk masyarakat dan petani Dharmasraya,” tambah Kepala Dinas Pertanian Darisman. (Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *