Sumatera Barat

Aplikasi SIA Resep Selamatkan Bumnag dari Korupsi

Padang, September
Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) kini terus disosialisasikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ke Bumnag/Bumdes di seluruh Indonesia. Khusus untuk di Sumbar, sosialisasi SIA berlangsung di Basko Hotel, Selasa (17/9) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumbar.

Menurut instruktur dari BPKP Sumbar Hardiansyah, aplikasi yang disosialisasikan SIA versi 2016 dan yang terbaru versi 2019. Aplikasi ini relatif praktis dan membantu Bumnag/Bumdes dalam menyusun laporan. “Dengan SIA mudah pelaporan, mudah pemeriksaan dan terhindar dari pelanggaran administrasi,” kata auditor Hardiansyah.

Dengan kualitas SDM dari Bumnag/Bumdes yang rata rata berpendidikan SMA dan S-1 maka aplikasi SIA mudah dipahami. Tidak terlalu ribet. Hardiansyah dari BPKP berharap di tahun depan ada sosialisasi tingkat lanjutan.

Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM mengatakan, pelatihan SIA ini dimaksudkan untuk membantu Bumnag/Bumdes dalam administrasi keuangan. Kemajuan usaha di Bumnag/Bumdes mesti sejalan dengan administrasi yang baik. “Kita tidak mau aparat Bumnag/Bumdes terjerat hukum hanya karena kelemahan di sisi administrasi. Kita tidak ingin Bumnag/Bumdes terjerat korupsi yang bermula dari kekeliruan administrasi,” kata Syafrizal Ucok, mantan Wabup Pesisir Selatan ini.

Saat ini Bumnag/Bumdes di Sumbar sudah mengalami kemajuan dalam melakukan usaha di nagari dengan aneka usaha, seperti membuka toko kebutuhan petani, simpan pinjam, toko alat tulis, konter pulsa atau token listrik, foto kopi, menampung hasil kerajinan masyarakat, menjadi pengumpul komoditi dan usaha lain. Bahkan saat ini Bumdes di Sawahlunto sudah mampu melakukan ekspor komoditi pinang ke India.

Ditambahkan Ketua Panitia Desrianto Boy, S.Pd., M.Si, pelatihan SIA untuk Bumnag/Bumdes ini dilaksanakan dua angkatan, yang masing masing angkatan 135 orang. Peserta angkatan II/2019 dilatih selama tiga hari, 16-18 September dengan nara sumber dari BPKP, Bank BNI dan dari Dinas PMD Sumbar. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *