.Tam Arang dan Utiah Kapeh

Biarkan Dulu Prof Ganefri Fokus Bangun UNP, Pak YY “KO”

Batang Kapeh, Pilarbangsanews. Com, — Sehabis menunaikan sholat shubuh berjemaah hari ini Rabu (18/9/2019) Tam Arang, Utiah Kapeh, Udin Gagok, Labai Litak, Mas Tartok dan Pakieh Teliang meninggalkan Surau tempat biasa mereka Sholat. Mereka bersama sama ke Lepau Mak Gambuang minum kopi pagi sambil maota lamak yang rutin setiap pagi mereka lakukan.

Lepau Mak Gambuang dengan Surau Labai Litak, jauhnya sekitar 500 Meter. Walaupun kampung mereka merupakan daerah perbukitan dan berbatasan langsung dengan laut, penerangan listrik di kampung mereka ini terang benderang, sehingga tak ada alasan lagi bagi warga kampung tidak berbondong bondong untuk menunaikan sholat subuh berjemaah.

Mak Gambuang adalah wanita janda tanpa anak, bertubuh gembrot 80an Kg,. Dia hidup sebatang kara, di kampung itu. Dia wanita yang terbilang rajin melaksanakan sholat 5 waktu. Para lelaki di kampung ini, tak pernah menggoda iseng Mak Gambuang. Dia disegani para lelaki pelapau di kampungnya. Mungkin karena Mak Gambuang ini baik seprti baiknya Mandeh Rubiah, tampetnya minta air kalau lagi haus dan minta nasi jika lapar bagi warga yang butuh bantuan Mak Gambuang.

Usai sholat Subuh tadi seperti biasa, wanita gembrot berwajah lumayan dan berkulit kuning lansat ini buru buru keluar Surau. Beliau jarang duduk lama lama larut dalam do’anya. Satu kali pernah ditanya Lebai Litak, kenapa Mak Gambuang tak membaca do’a usai menunaikan Sholat.

Jawab Mak Gambuang, ia selalu berdo’a, cuma dibaca didalam hati sambil jalan pulang, tidak dibaca seperti kebiasaan kita kita yang mendoakan sehabis sholat. Itu dilakukan Mak Gambuang karena dia harus cepat cepat menjerangkan air panas untuk kopi para pelapau yang minum kapi pagi di Lepau nya.

Kini rombongan Tam Arang cs sudah berada di Lepau Mak Gambuang. Mereka telah duduk di bale bale yang bisa mereka duduki.

Tak lama kemudian, Mak Gambuang dengan tangkas dan ligat telah siap menghidangkan kopi kepada masing masing lelaki itu. Selain Tam Arang cs ada sekitar 10 orang lelaki lain yang biasa nongkrong di Lepau Mak Gambuang yang rajin mengikuti ota lamak Tam Arang Utiah Kapeh.

“Tiah…, malam tadi den basuo samo pak YY, Liau mangecek ka den. Ado mahasiswi UNP nan manumpalakkan pak YY tu,” Kata Tam Arang.

“Ba’a sampai mahasiswi itu manumpalakan pak YY, apo salah pak YY tu? ” tanya Utiah Kapeh bersemangat.

“Nde apo lo tu, mangko pak YY kanai tumpalakan dek Mahasiswi UNP, salah apo beliau, ado pak YY ko membuat berita yang sifatnya mengkritisi Perguruan Tinggi yang kini lah barado di ranking 25 dari 4000 PT yang ado di Indonesia itu? ” Tanya Mas Tartok.

Kalau masalah berita yang berbaun kritik, biasonyo nan lah sudah sudah, tak ado nan talok berang doh. Sabab media Pilarbangsanews.com redaktur Pelaksana nyo pak YY itu, kalau menayangkan berita selalu sesuai fakta dan berimbang, ” kata Tam Arang

“Lal-la-lalu kok a-a-ado na-n-nan manum-manumpalak-an pak YY tu? ” Udin Gagok ingin tahu. Labai Litak dan Pakiah Teliang tak bertanya, pertanyannya dari Mas Tartok dan Udin Gagok telah mewakili pertanyaan mereka. Sementara Mak Gambuang masih sibuk menyeduh kopi hangat untuk para tamu.

“Caritonyo macam iko a, pak YY kan manulih berita tantang Pak Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D nan masuak bursa calon gubernur/wakil Gubernur Sumbar, ” Tam Arang diam sejenak, dia ambil sendok di gelas, sendok itu diputarnya, untuk menuntaskan adukan gula dan kopi yang masih nampak tersisa.

“Terus..? ” Tanya Utiah Kapeh.

“Yo nyo sabuik di mahasiswi tu, jan olo olo kan pak Rektor kami jadi gubernur atau wakil gubernur. Sabab beliau masih paralu bana untuk memajukan UNP, sehingga bisa kalau tak ikik dari UI setidaknya kami sejajar jo UI dan UGM atau ITB tu ada, ” Kata mahasiswi manumpalakkan Pak YY.

“Tu apo jawab Pak YY? ”

Tak dapek jawek pak YY di mahasiswi tu lei. Dan sifat Pak YY ka tahu juo awak, kalau ado nan maajak beliau berdebat tak akan beliau layani bana doh, soalnyo berdabat tu bagi pak YY tak akan menjaniahkan masalah. Ancak diam sajo basibanak. Nabi kan mangatokan hindari diri dari perdebatan. Sebab berdebat itu kamari tak elok, apalagi kalau debat itu lah menyerang pribadi dan melenceng dari substansi masalah. ” Kata Tam Arang.

“Tu apo lei kato mahasiswi tu? ”

“UNP masih peralu sumbangsih ide dan keberanian beliau (Prof Ganefri) agar UNP maju dan jaya. Kalau maju pulo beliau jadi cagub atau cawagub susah sendiri UNP nanti, ” kato Mahasiswi nan “mantiak” ( baca Cerdas) itu mancaracau.

Nyo tanyo di pak YY ka Mahasiswi itu; “Apo keberhasilan yang lah dicapai dek Prof Ganefri selama jadi Rektor UNP ?”

Nyo jawab di mahasiswi itu: “Banyak Pa. Prestasi UNP di tingkat nasional tu mulai di perhitungkan. Bahkan lah sampai ka lua nagari UNP. Lah bi tahu urang Pa. Dan itu berkat ide dan tangan dingin pak Ganefri mah Pa ”

“Contohnya?”

“Pembangunan fisik sarupo gedung dan sarana pendukung juo banyak di buek dek beliau Pa,” kata Mahasiswi itu menambahkan.

” Jadi kalau ikuik pulo pak ganefri bertarung di pilgub, gamang UNP beko Pa.” kata Tak Arang menceritakan isi caracau si Mahasiswi

” Beliau itu memiliki pribadi yang disiplin dengan etos kerja yang tinggi, Pa. Jadi.., Nur pun kagum dengan beliau, Pa. ”

Terkahir si mahasiswa mengingatkan Pak YY; “Kok nak mendukung juo Papa, nan lain lah. Jan ayah kami pulo apa baok, ” Kata Tam Arang merelis percakapan Pak YY bersama si Mahasiswi yang memanggil Pak YY dengan sapaan Papa.

Tidak puas sampai disitu, si mahasiswi masih mencaracau; “Sumber daya manusia di UNP tu banyak dan hebat2 Pa. Jadi kalau leader nyo hebat dan cemerlang pulo dalam memikirkan kejayaan UNP akan lebih baik kan Pa. Iko ada kami jumpai di pribadi Prof Ganefri. ”

“Tu apo jawab Pak YY, ” Mas Tartok bertanya.

Nyo tanyo di Pak YY mahasiswi itu.. ” Apo yang Nur sampaikan itu dapat papa anggap sebagai representasi dari keinginan civitas akademika di UNP. (Oh rupanya si mahasiswi program S2 itu namanya disapa Nur).

Dijawab oleh Nur, “boleh dibilang iya. Benar itulah adalah representasi dari kami civitas akademika UNP Padang.”

“Kok macam tu, KO Pak YY mah Tam, ” Kata Utiah kapeh sambil nyeruput kopi digelas habis ta dadak. Dan ota mereka berakhir sampai disitu. (****)

Baca juga;

Prof Ganefri Ph.D Bakal Majukah Sebagai Calon Gubernur?

Utiah Kapeh; Beri Kesempatan Irjen Pol Firli Bahuri Jadi Ketua KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *