Yoserizal S.Sos Yakin Bisa Menang Dalam Pilkada Dharmasraya

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, — Sudah lebih dari semingu lamanya Lepau Mak Gambuang tak didatangi tamu orang berpangkat, tapi pagi ini entah bagaimana ceritanya, kembali didatangi orang yang punya kedudukan terpandang. Tamu itu adalah bung Yoserizal anggota DPRD Sumbar dari partai PAN berasal dari Kabupaten Dharmasraya.

Beliau ini disebut-sebut bakal ikut dalam Pilkada di Kabupaten Dharmasraya.

Apakah benar Bang Yoserizal bakal ikut bertarung dalam Pilkada Kabupaten Dharmasraya?

Utiah Kapeh sengaja mengundang bang Yoserizal minum kopi pagi di Lepau Mak Gambuang untuk bertanya kepada yang bersangkutan apakah benar politisi PAN ini akan ikut dalam perebutan kursi kepemimpinan di kabupaten Dharmasraya yang akan dilangsungkan secara serentak pada bulan September tahun depan.

“Bang Yos…., silahkan kopinyo diminum bang,” kata Utiah Kapeh setelah Mak Gambuang menaruh segelas kopi dihadapan Anggota DPRD Simbar, ayah dari 5 anak kelahiran Abai Siat Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya ini.

“Iyo Utiah.. Apak apak nan lain mari kito samo samo sajo pak,” jawab Yoserizal.

“Mari bang,” kata yang lain serentak.

Usai semuanya mereguk kopi, Utiah Kapeh memulai ota dengan memperkenalkan siapa tamu yang hadir.

Maaf apak apak, tadi di Surau tak sempat ambo maagiah tahu siapo tamu awak pagi kini ko. Beliau adalah Bang Yoserizal, sangajo datang ka kampuang awak silaturahmi. Apo apak apak lah kenal samo beliau?

“Kalau saya dengan bang Yos secara pribadi kami belum saling kenal. Tapi saya sudah tahu siapa bang Yoserizal ini,” kata Mas Tartok.

“Deyen juo samo dengan mas Tartok,” kata Ujang Saga.

“Deyen juo a-a-aa-alah taa-tau samo aaa-abang Yos,” kata Udin Gagok tak ingin ketinggalan menjawab.

“Maaf yo apak apak. Ambo pun baru kenal malam tadi samo bang Yos. Baru malam tadi kami SMS-an. Ambo nan SMS beliau duluan, setelah no hape bang Yos dibarikan dek pak YY (penulis cerita ini) kabakeh ambo,” kata Utiah Kapeh.

Menurut Utiah Kapeh, dia tak menduga bahwa SMS nya cepat direspon oleh anggota DPRD Sumbar ini. Begitu ambo SMS langsung dibaleh. Panjang juolah carito kami lewat SMS whatsapp. Akhirnyo ambo undang beliau untuk datang. Undangan ambo tu beliau sanggupi dan kini beliau lah bakumpua basamo awak.

“Ambo pun tak manyangko bisa datang ka lapau Mak Gambuang. Minum kopi basamo jo apak apak sambia maota lamak. Sabab baru malam tadi ambo tahu disiko ado kopi nan lamak rasonyo. Setelah diagiah tahu dek pak YY. Tadi ambo cubo sadaguak maminumnyo. Memang rasonyo lemak bana beda samo jo kopi nan dijua di lapau lain. Dan pantaslah banyak urang urang terkenal nan datang ka Lapau Mak Gambuang ko, ” kata Yoserizal memuji.

Bang Yos seperti saya sebutkan tadi, saya sudah kenal sama bang Yos lewat pemberitaan di. Media Online. Saya baca bang Yos kabarnya ingin ikut pilkada bupati di kabupaten kampungnya bang Yos, apa benar begitu? ” tanya Mas Tartok langsung ke topik pembicaraan.

Loading...

“Iya benar, saya mau ikut, tolong do’akan yo apak apak biar trwujud keinginan ambo itu, ” kata Bang Yos.

“Berani bapak berkompetisi dengan Sutan Riska. Dia petahana dan banyak pendukungnya, ” kata Mas Tartok.

“Kalau saya takut tentu saya tak akan mencalonkan diri saya Mas dan justru saya yakin menang dalam pilkada nanti, ” jawab Bang Yoserizal penuh optimistis.

“Apa yang bikin bang Yos yakin menang?”

Di Dharmasraya itu saya melihat sekarang ada ketidak kompakkan di antara masyarakatnya. Sebab ada sekelompok orang yang merasa dirinya yang punya daerah itu. Dan itu tak bisa dibiarkan lama begitu saja. Harus ada tokoh pemersatu yang dapat menciptakan bagaimana semua warga yang heterogen itu merasa memiliki daerahnya. Jika saya terpilih jadi bupati, hal yang harus saya lakukan adalah menanamkan rasa memiliki masyarakat terhadap kabupatennya, ”
kata Yoserizal seraya mengatakan, mudah-mudahan dia bisa menjadi perekat antar tokoh, elit politik dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Dharmasraya.

Dan yang lebih penting dan menjadi harapan bang Yos, tidak ada lagi bahasa pribumi dan non pribumi di Dharmasraya. Yang ada hanya masyarakat Kabupaten Dharmasraya dengan memiliki hak dan kedudukan yang sama.

Selain itu, yang akan menjadi titik fokusnya nanti adalah meningkat kan SDM masyarakat Dharmasraya, khususnya disektor pendidikan.

“Begitu juga kesejahteraan masyarakat perlu mendapat proritas dengan meningkatkan pembangunan disektor perkebunan dan pertanian. Potensi lahan yang sangat luas dimiliki Dharmasraya akan dapat digarap secara maksimal tentunya apabila Kabupaten ini memiliki SDM yang handal,” katanya.

“Bang Yos…, Batanyo ambo ciek bang Yos,” kata Tam Arang.

“Silahkan Tam, ”

“Abang kan kini lah duduk sebagai anggota DPRD Sumbar, kalau abang mencalonkan diri ikut kontestasi, tentu nanti abang mengundurkan diri. Apa abang siap begitu?” tanya Tam Arang.

“Sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku memang begitu. Kalau ambo ada peluang dan ada kesempatan untuk bisa berbuat lebih pada masyarakat, sudah barang tentu ambo harus berani mengundurkan diri,” katanya.

“Abang yakin memenangkan kontestasi Pilkada itu nanti?” tanya Tam Arang sekali lagi.

“Kalau tak yakin lebih baik jangan saja Tam…, sebab apabila sebuah usaha dilaksanakan dengan keyakinan yang penuh In Sha Allah, pasti berhasil. Ambo sendiri yakin Allah SWT akan mengambulkan do’a hambaNya sesuai dngan keyakinan yang ada dalam diri hambanya itu,” kata bang Yos tegas.

“Luar biasa tekad bang Yos. Kami do’akan bang Yos nanti bisa terpilih jadi Bupati Dharmasraya,” kata Tam Arang mengakhiri ota lamak pagi ini. (****)

Baca juga;

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *