Sawahlunto

Buku Kolok Nan Tuo Diluncurkan Hari Ini

Sawahlunto, November
Jika tak ada kendala, Senin 18 November 2019 ini, buku “Sejarah dan Dinamika Desa Kolok Nan Tuo” diluncurkan di Kota Sawahlunto. Peluncuran resmi akan dilakukan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Buku yang diterbitkan Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo ini, menurut Supriadi Mukri, Kepala Desa Kolok Nan Tuo, berisi terperinci tentang desa ini dari berbagai aspek, geografis, sejarah, pemerintahan, sosial, budaya, pendidikan, agama, adat dan sebagainya.

“Buku ini memberi penjelasan penjang lebar tentang Desa Kolok Nan Tuo. Pada beberapa monografi desa mungkin yang termuat penuh dengan data dan tabel-tabel serta angka-angka. Tetapi monografi yang kita kehendaki adalah monografi yang tak sekadar berisi data seperti sebuah buku formal dan kaku, tapi juga ada sejarah, budaya, dan adat yang dimiliki Nagari Kolok. Hari Senin siang ini buku tersebut diluncurkan secara resmi oleh Wali Kota Sawahlunto,” kata Supriadi Mukri, yang juga seorang wartawan ini.

Lebih jauh dikatakan Kades Supriadi Mukri, sebagai sebuah desa yang berada dalam kesatuan Nagari Kolok, tentu saja berbagai hal dalam buku ini juga mengacu kepada apa yang sudah ada dalam Nagari Kolok juga.

Sementara itu, Ketua KAN Kolok Dahler Djamaris Datuak Pangulu Sati mengapresiasi program penerbitan buku “Sejarah dan Dinamika Desa Kolok Nan Tuo” ini.

“KAN Kolok sangat menghargai upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo menerbitkan buku “Sejarah dan Dinamika Desa Kolok Nan Tuo” ini. Mudah-mudahan pekerjaan baik seperti ini dilanjutkan pula oleh semua pemerintahan desa dalam Nagari Kolok yang kita cintai ini,” kata Dahler Djamaris Datuak Pangulu Sati.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menilai, penerbitan buku seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo. Diharapkannya langkah ini menginspirasi kepala desa atau kelurahan lainnya di Sawahlunto untuk melakukan hal serupa, karena buku ini bukan sekadar memaparkan angka-angka semata tetapi lebih menekankan kepenulisan sejarah, budaya, adat, kuliner, wisata, dan potensi lainnya yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Buku “Sejarah dan Dinamika Desa Kolok Nan Tuo” disusun tim penulis dari PT Editor Promosindo Sumbar, yang terdiri dari wartawan profesional antara lain Eko Yance Edrie, Gusfen Khairul, Nasrul Azwar, Jhonedy Kambang, Sawir Pribadi, Indra Nauli dan lain-lain. Buku setebal 300 halaman ini menggambarkan secara gamblang tentang Desa Kolok Nan Tuo dan juga Nagari Kolok, serta Kota Sawahlunto. Ditulis dengan pola deskripsi bertutur, diharapkan mudah dipahami dan tak membosankan.

“Buku ini ditulis dengan deskripsi yang detil, menggali potensi yang dimililiki Desa Kolok Nan Tuo dan Nagari Kolok yang berpeluang dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Buku ini memang hadir berbeda dengan buku-buku tentang sebuah desa atau nagari-nagari yang kebanyakan ditulis selama ini. Kita berharap ada manfaatnya,” kata Heranof Firdaus, Dirut PT Editor Promosindo Sumbar, yang sehari hari juga Ketua PWI Sumbar.

Peluncuran buku rencana digelar pada Senin, pukul 14.00 di Hotel Ombilin Sawahlunto. Menurut Ketua Panitia Peluncuran Buku Desri Ronaldi Arifin, kegiatan ini mengundang semua pihak dan kepala-kepala dinas dan badan yang ada di lingkungan Pemerintan Kota Sawahlunto, pihak terkait lainnya. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *