Bupati Hendrajoni Bertabur Penghargaan

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, — Judul ota lamak Tam Arang dan Utiah Kapeh, pagi tadi bikin orang yang tak suka pada Hendrajoni semakin klepek klepek. Dalam bahasa Pakie Teliang, klepek-klepak itu artinya: “manggarutok sambil galinggaman“.

Kenapa?

Karena ota lamak mereka sengaja mengekspose keberhasilan yang telah dicapai oleh Hendrajoni selama jadi Bupati Pesisir Selatan.

Kalau dapat bagi yang tak suka dengan Hendrajoni, berita Pesisir Selatan yang jelek jelek saja diekspose, misalnya mengenai busung lapar, pembagian rumah nelayan yang tak tepat sasaran atau berita apa saja yang bisa bikin Hendrajoni dinilai minus, selama Hendrajoni jadi Bupati Pesisir Selatan.

Link berita online yang memberitakan keburukan Pessel ini akan di shere atau di tag oleh kelompok yang tidak senang tadi lewat Facebook atau ke grup whatsapp.

Tapi walaupun demikian, mereka yang tak suka dengan Hendrajoni, dia akan merasa rugi jika tak membaca artikel ota lamak di Lepau Mak Gambuang ini. Sebab sejauh ini Tam Arang dan Utiah Kapeh cs mereka memuji-muji Bupati Pesisir Selatan ini. Apalagi Mak Gambuang yang dia punji adalah kecantikkan istri bupati yang sering tampil dengan busana formal para wanita dizaman baheula seperti memakai tingkuluak tanduk kerbau dan Kerbau Bolo (Kerbau Tak Bertanduk)

“Elok, rapi, anggun; luwes dan futuristik dipadang bila Ibuk Lisda itu memakai busana Bundo Kanduang,” kata Mak Gambuang memuji.

Pagi tadi yang menjadi topik ota lamak di Lepau Mak Gambuang yaitu tentang bertaburnya penghargaan pada Hendrajoni.

“Penghargaan itu bisa dibeli, bisa didapatkan dengan mudah,” kata Ujang Saga setelah Utiah Kapeh menguraikan puluhan perhargaraan yang diterima oleh Hendrajoni.

“Lihat dulu penghargaannya berasal dari mana dan siapa yang memberikan penghargaan. Yang saya ketahui semua penghargaan yang diterima Bupati Hendrajoni bergengsi resmi dari pemerintah,” kata Mas Tartok.

“Siapa yang bilang penghargaan itu bisa dibeli?” Ujang Saga menambah pertanyaannya.

“Ada yang berkomentar begitu?”

“Ondeh mandeh…, pasti yang menilai begitu orang yang tak suka pada Hendrajoni,” kata Pakie Teliang.

“Utiah…., saya membaca dimedia Pemda Pesisir Selatan 3 kali berturut-turut hasil pemeriksaan keuangannya oleh BPK diberi nilai WTP ( Wajar Tanpa Pengeculian). Apakah hasil pemeriksaan itu bisa dibeli? ” tanya Mas Tartok.

“Iya ada yang beranggapan begitu. Mereka menganggap semua bisa dibeli. Tapi biarkan saja mereka bersorak-sorai mengatakan semuanya bisa dibeli. Sebab kalau kita kasih tahu bahwa tidak semua bisa dibeli. Mereka juga tak akan percaya, ” kata Pakie Teliang.

Utiah…, coba bacakan sekali lagi penghargaan apa saja yang telah diperoleh Hendrajoni selama dia menjabat Bupati Pesisir Selatan?” kata Tak Arang ingin cepat-cepat mengetahui apa saja penghargaan yang sudah diraih oleh Bupati Hendrajoni.

Berikut ini catatannya:

1. Top Eksekutif Muslim Awar 2016 dari IPEMI

2. Indonesia Top Leader Of The Year 2016 dari Yayasan Nirwanan Indonesia, Tanggal 11 Juni 2016 di Hotel Lumire Jakarta

3.Peduli Anak Indonesia 2016 dari Yayasan Restu Bunda, tanggal 21 juni 2016 di Ancol jakarta.

4. Indonesia Awards Of Goverment Lembaga Anugerah Prestasi Insani, tgl 13 Agustus di Hotel Lumire Jakarta.

5. Pria Dan Wanita Berdedikasi 2016 dari yayasan citra pembangunan, 25 agustus di putri duyung Ancol.

6. Penghargaan Anak Bangsa Inspiratif dari Yayasan Pendukung Karier Prestasi, 21 oktober 2016.

7. Penghargaan Ministers Awards Of Excelence 2016 tanggal, 18 November di Bali
Asean Best Executif Achievement Awards dari Anugerah Prestasi Insani, 10 desember 2016.

8. 7 (tujuh) Bupati terbaik di Indonesia dari Seven Media dan didukung oleh beberapa Kementerian, 28 April 2017 di The Trans Resort Hotel Bali.
The Achiment The Best dari IHRDP Internasional 18 november 2017 jakarta.

9. TOP Regent Dari Seven Media, di Grand Ballroom Fashion Legaian Bali, 08 Desember 2017.

10. Indonesia Achievement and Best Performing award 2019, kategori The best performing leader of the Year, diberikan oleh Majalah Indonesian Inspire, tanggal 24 Mei 2019.

Menyangkut Pemerintahan.

Kawasan Wisata Bahari Mandeh Mandeh Juara II Kategori Surga Tersembunyi dari Kementerian Pariwisata tahun 2016.

Penghargaan Produksi Jagung Diatas 5% di Hari Pangan Sedunia Dikota Solok, Tanggal 13 Oktober 2016.
Penghargaan Meseum Rekor Dunia Sajian Masakan Dari Lokan (kerang) dengan Jenis terbanyak, 09 november 2016 di Carocok Painan.

Juara I Peduli Wisata Sumatera Barat pada Kategori The Best Achievement dari Dinas Pariwisata Prov. Sumatera Barat, 10 November 2016.
Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Di Hotel Merlin Park Jakarta tanggal 31 Januari 2017.

Penghargaan dan Sertifikat GNS Science New Zealand di Halaman Kantor Bupati pada 31 Maret 2017, bidang Pengurangan Resiko Bencana Alam.

Laporan Hasil Pemeriksaan atas Keuangan Daerah tahun anggaran 2016 oleh BPK dengan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) pada tanggal 2 Juni 2017 di Kantor BPK Perwakilan Sumbar.

Desa/Nagari Kategori Perkembangan Pariwisata Tercepat di Indonesia (Nagari Sungai Nyalo Kecamatan Koto XI tarusan) dari Kementerian Desa pada tanggal 13 Mei 2016 di Lapangan Kantin Kota Bukittinggi.

Penghargaan Adi Karya Pangan Nusantara Kategori Kepala Desa/Wali Nagari Pembina (Fujiono/Wali Nagari Sungai Pulai Kec. Silaut) Tahun 2016 di Istana Negara.

Juara 1 lomba Putra Praja Wisata tingkat Nasionaol Tahun 2017 perwakilan Sumatera Barat yang diwakili oleh Dimas Maulana ( Uda Wakil 2 Kab. Pesisir Selatan) pada bulan Mei 2017 di Bandung.

Penghargaan terhadap Pusekesmas pelayanan KB terbaik tingkat Nasional oleh Presiden RI pada tanggal 17 Agustus 2017 di Istana Negara.

Penghargaan percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Tahun 2017 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan anak RI tanggal 22 Juli Di Pekan Baru.
Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup Pada Tanggal 02 Agustus 2017 di Manggala Wanabakti Jakarta.

Penghargaan Upsus Siwab Sebagai Pembina dari Gubernur Sumatera Barat di Kab. Solok Selatan Pada Tanggal 20 september 2017.
Penghargaan Menyusun Dan Menyajikan Laporan Keuangan tahun 2016 dengan Capaian Standar Tertinggi dari Kementerian Keuagan Yang diserahkan Oleh KPPN Painan 20 Oktober 2017.

Penghargaan Peringkat III Atas Kinerja Pelaksanaan DAK Fisik Triwulan II Tahun 2017 oleh Ditjen Perbendaharaan Prov. Wisata Oleh KPPN Painan 20 Oktober 2017.

Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API)2 Dari Kemenpar Juara I Mandeh Sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler di Studio Metro TV Tanggal 25 November 2017 Jakarta.

Penghargaan Kabupate n Sehat Swati Saba Wiwerda Dari Kementerain Kesehatan RI Dan Kemendagri di Jakarta.

Penghargaan Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM di Surakarta Solo, 10 Des 2017.

Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017 dengan Nilai BB Dari Kemenpan RB di Batam 25 Januari 2018

Penghargaan Pembina Proklim 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta 24 Oktober 2018.

Penghargaan MTsN Salido Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional peringkat III Kementerian Pendidikan, Kemenkes, Kemendagri dan Kemenag 24 Oktober 2018 di Jakarta.

Penghargaan National Procurement Award Kategori Penerapan Standar LPSE dari LKPP di Bandung 31 Oktober 2018.

Penghargaan Predikat Kabupaten Peduli HAM tahun 2018 dari Kemenkumham DI Kemenkumham RI Tanggal 11 Deseember Jakarta.
Penyerahan Prediket kepatuhan 2018 Hijau dari Ombusman Republik Indonesia, Tanggal 10 Desember di TVRI Pusat Jakarta.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018 Pesisir Selatan Peringkat I dari Komisi Informasi sumbar Tanggal 11 Desember di Kriyad Bumiminang.
Sertifikat ISO 9001 :2015 dari BSI Tanggal 10 Desember 2018 di Gedung Talavera Jakarta.

Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Partama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, pada tanggal 19 Desember 2018 di Istana Wakil Presiden.
Penghargaan Adipura Kota Sedang Yang diserahkan Wakil Presiden di Manggala Wanabakti 14 Januari 2019
Penghargaan Sakip Predikat B dari Kemenpan RB di Trans Luxury Hotel Bandung pada tanggal 28 Januari 2019
Penghargaan Dukcapil kategori khusus atas dukungan kebijakan dan implemnatsi yang dapat mengungkit pemanfaatan data dan pelayanan Dukcapil skala besar dari Kemendagri, di Hotel Four Point Makasar tgln 07 Februari 2019.

Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat atas komitmen Pemkab Pessel dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berancana dan Pembangunan Kependudukan (KKBPK) tanggal 24 Juli 2019.
INAGARA Award dari Lembaga Administrasi Negara LAN sebagai Pemkab yang berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara, diterima pada tanggal 6 Agustus 2019.

“Kemudian itu, pada foto diatas Bupati sedang berdialog dengan pengurus PGRI pusat, kabarnya PGRI akan memberikan penghargaan kepada Bupati karena dinilai penduli dengan kesejahteraan para guru, ” kata Utiah Kapeh.

Menurut Utiah Kapeh, hari ini Selasa H.Hendrajoni Selasa (19/11) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta bupati
menerima penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Suwastisaba Wistara tingkat nasional 2019.

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni didampingi Ketua TP PKK, Hj.Lisda Hendrajoni, Penyerahan penghargaan juga dihadiri Menteri Kesehatan, Dr.dr.Terawan Agus Putranto.

Penghargaan ini berskala nasional kembali diraih Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019. Kali ini, Pesisir Selatan mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Suwastisaba Wistara yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kabupaten sehat.

Sebelumnya tahun 2017 lalu Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh penghargaan dengan kategori Suwastisaba Wiwerda. Tahun 2019 ini naik ke kategori Swastisaba Wistara yang merupakan kategori tertinggi tingkat nasional.

Memperoleh penghargaan ini tidak mudah, melalui proses penilaian yang meliputi enam tatanan penilaian dan 220 indikator yang dilakukan oleh tim penilai pusat kabupaten sehat di Pessel.

Enam tatanan penilaian itu diantaranya, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalulintas tertib, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum serta kehidupan sosial yang sehat.

Demikian penghargaan yang diperoleh bupati Hendrajoni menurut catatan Utiah Kapeh, yang dia sebutkan pada ota lamak mereka pagi tadi.

(****)

Baca juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *