.Perguruan Tinggi

PTN Kategori Informatif: Bukti UNP Menjunjung Keterbukaan Informasi

Padang, Pilarbangsanews.com, — Kamis, 21 November 2019 bertempat di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia UNP menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tersebut, UNP masuk kategori PTN dengan Predikat Informatif dan UNP juga merupakan satu-satunya PTN diluar Pulau Jawa yang menerima penghagaan tersebut.

Penghargaan ini merupakan wujud nyata dari keterbukaan UNP kepada publik dalam memberikan informasi dan data terkait dengan semua bentuk kegiatan dan pengelolaan UNP baik akademik maupun non-akademik. Dalam hal penyampaian informasi terkait UNP kepada publik yang tidak hanya dilakukan melalui web resmi UNP (unp.ac.id) akan tetapi juga dimuat dalam media Sosial, media cetak dan media elektronik baik lokal maupun nasional. Dan keterbukaan informasi oleh UNP terkait dengan pengelolaan dan pengembangan kampus juga sampai ke dunia luar.

Selain itu, demi menjunjung tinggi akan keterbukaan informasi, pimpinan UNP juga memberikan kemudahan dan ruang untuk berdiskusi serta memberikan jawaban kepada setiap pihak tekait dengan berbagai bentuk pertanyaan dan konfirmasi yang disampaikan.

Penghargaan yang diterima oleh UNP sebagai PTN kategori Informatif tentunya tidak terlepas dari usaha dan dukungan semua pihak melalui berbagai bentuk kerjasama dan kesepakatan yang dilakukan serta inovasi dan kolaborasi dalam keterbukaan informasi publik. Selain itu, untuk mewujudkan keterbukaan informasi yang dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat, UNP juga menggandeng berbagai pihak/stakeholder, Pemerintahan Kabupaten/ Kota, Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, dan juga termasuk Komisi Informasi Daerah.

Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa UNP siap dan mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi lainnya di indonesia. Untuk kategori PTN Predikat Informatif, UNP satu barisan dengan Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gadjah Mada. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. KH. Ma’ruf Amin dan diterima langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D.

Penghargaan yang diterima oleh UNP sebagai PTN Informatif harus mampu dan bisa dipertahankan serta ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemberian dan penyampaian informasi secara terbuka dan transparan kepada masyarakat baik akademik, pengelolaan perguruan tinggi, pembangunan dan pengembangan UNP menuju World Class University (WCU).

Penghargaan ini juga sudah selayaknya menjadi motivasi dan dorongan semangat bagi UNP untuk terus memberikan dan meningkatkan layanan terbaiknya bagi para pengguna. Terutama dalam menghasilkan atau mencetak lulusan yang siap berkompetisi dan bersaing dengan dunia luar di era revolusi industri yang sarat akan kemajuan teknologi dan ide-ide yang inovatif. Selanjutnya, penghargaan ini juga bisa menjadi batu loncatan bagi UNP untuk terus berkiprah dalam dunia penditikan tinggi di tingkat global.

Selamat dan Sukses UNP…..
Selamat dan Sukses Prof. Ganefri, Ph.D…. (Nurhayati Mahasiswi UNP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *