Painan, PilarbangsaNews

Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pessel terus memajukan olahraga serta memperbaiki prestasi.

Agus

“Gunakan dana hibah dengan sebaik baiknya untuk kemajuan olahraga bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” kata Hendrajoni saat membuka Bimbingan Teknis Manajemen Olahraga dan Keuangan KONI Pesisir Selatan, di salah satu hotel di Painan, Senin (9/12).

Dikatakan, dengan digunakannya dana hibah KONI secara total untuk kemajuan olahraga, ia meyakini prestasi olahraga daerah setempat tidak akan tinggal jauh dibanding 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Bahkan pada kesempatan itu, bupati meminta KONI bisa menargetkan Pessel meraih rangking lima pada acara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun depan.

Selain itu bupati meminta KONI mengelola anggaran dengan transparan, akuntabel dan tepat sasaran.

“Jika semuanya tepat sasaran saya cukup yakin prestasi olahraga Pesisir Selatan minimal berada di angka lima besar se-Sumatera Barat,” kata dia.

! - Mulai Komposit ->

Meminimalkan ketidaktepatan penggunanaan dana, ia mendorong Ketua KONI Pesisir Selatan, Rozi Marzeki aktif memantau kegiatan cabang olahraga ketika akan, sedang dan setelah mengucurkan dana hibah.

“Jangan sampai dana hibah dikucukan namun kegiatan di cabang olahraga tidak ada, jika itu terlaksana siap-siap berurusan dengan aparat berwajib,” imbuhnya.

Kepada pengurus KONI secara keseluruhan dirinya berpesan agar tetap menjaga kekompakan dan terpecah belah hanya karena masalah-masalah sepele.

“Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, yang penting pengurus mau duduk bersama,” sebutnya.

Ia mengungkapkan pemerintah kabupaten mendorong penuh kemajuan olahraga dengan mnyediakan sejumlah fasilitas penunjang termasuk pembangunan Sport Centre di Gor Zeini Zen.

“Di Sport Centre Gor Zeini Zen terdapat berbagai wahana olahraga, seperti lapangan volli, tenis, takraw, panjat tebing dan lainnya,” katanya lagi.

Guna mendukung kemajuan olahraga pemerintah daerah pada tahun ini mengalokasikan dana hibah sebesar Rp3,5 milyar.

Sementara itu, Ketua KONI Pesisir Selatan, Rozi Marzeki menyebut upaya memajukan olahraga di Pesisir Selatan menjadi fokus seluruh pengurus KONI. “Arahan dan masukan dari bupati adalah support bagi kami dalam memajukan olahraga Pesisir Selatan, saya pribadi dan organisasi akan berupaya maksimal menjalankannya,” kata Rozi Marzeki. (rinaldi)