Baksos Donor Darah Hari Juang Kartika TNI AD

Tegal, PilarbangsaNews

Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Juang TNI AD, Satuan Yonif 407/PK menyelenggarakan bakti sosial donor darah. Kegiatan donor darah diselenggarakan di PMI Kabupaten Tegal. Hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs. Pasi Intel Yonif 407/PK Lettu Inf Reiki Marten beserta 30 prajurit sebagai pendonor, dokter pelaksana PMI Kabupaten Tegal beserta anggota staf tranfusi darah, Rabu (11/12).

Lettu Inf Reiki Marten menjelaskan, kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan Yonif 407/PK di kantor PMI Kabupaten Tegal tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung program kepedulian terhadap sesama (kemanusiaan) melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal. “Kegiatan donor darah ini sudah menjadi agenda rutin dari Satuan Yonif 407/PK dalam memperingati hari-hari besar dalam setiap tahunnya,” imbuhnya.

Loading...

“Kami berharap, semoga darah yang terkumpul dari anggota Yonif 407/PK nantinya dapat disumbangkan kepada warga masyarakat yang membutuhkannya, khususnya di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Menyumbangkan darah secara sukarela dengan harapan dapat menyelamatkan nyawa orang lain, setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang. Dan semoga ini menjadi amal baik bagi Prajurit Yonif 407/PK sebagai pendonor, begitu pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dokter pelaksana PMI Kabupaten Tegal dr. Vega Hapsari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yonif 407/PK. “Alhamdulillah, dengan diselenggakannya donor darah secara sukarela oleh bapak-bapak anggota Yonif 407/Padmakusuma ini merupakan kegiatan kemanusiaan untuk dapat menolong sesama.

Ia berharap, semoga berawal dari pendonor sukarela dapat menjadi pendonor lestari. Donor lestari maksudnya adalah yang bisa secara rutin mendonorkan darahnya sehingga bermanfaat terus untuk sesama,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan beberapa manfaat bagi pendonor darah, diantaranya adalah badan lebih fres dan bugar, dapat meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, memperlancar sirkulasi darah dan dari hasil screening dapat mendeteksi dini kemungkinan penyakit yang serius.

Debi (43)csalah satu anggota staf tranfusi darah bagian perencanaan PMI Kabupaten Tegal menambahkan, untuk kebutuhan darah di Kabupaten Tegal sendiri ±1500 kantong pebulan. Dengan adanya kegiatan donor darah yang diselenggarakan Yonif 407/Padmakusuma dalam rangka Hari Juang TNI AD sangat membantu pihaknya untuk kecukupan darah dalam satu bulannya.

Pihaknya berharap untuk kegiatan donor darah tidak hanya berjalan sekali ini saja, akan tetapi dapat ditindak lanjuti secara rutin setiap tiga bulan sekali. Dari pihak PMI Kabupaten Tegal bisa datang ke Asmil Yonif 407/Padmakusuma atau anggota Yonif 407/Padmakusuma yang datang langsung ke Kantor PMI.(erizal)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *