Pekanbaru – Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah berdiri sendiri di pemerintah kota Pekanbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibawah kepemimpinan Kalaksa Zarman Candra SSTP, M.Si langsung melakukan koordinasi di segala sektor terkait.

Salah satunya yaitu kunjungan kerja pada Selasa (14/01/20) ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) kota Pekanbaru, Kalaksa BPBD beserta staf disambut langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) LHK Zulfikri SH bersama jajarannya.

Agus

Usai kunjungan dan pertemuan rapat internal tersebut, Kalaksa BPBD kota Pekanbaru menyampaikan tujuannya merupakan suatu jalinan silaturahmi secara kedinasan sehingga terbina hubungan yang baik kedepannya.

“Kita sangat mengharapkan pertemuan ini dapat memudahkan penyelesaian pekerjaan yang telah kita programkan nantinya, dan Dinas LHK sebagai mitra kita telah memberikan kesiapannya dalam membantu kita mewujudkan kota Pekanbaru yang bersih terhindar dari gejala – gejala bencana,” Ujar Zarman.

Adapun menurut mantan Camat Payung Sekaki ini, kota Pekanbaru tidak terlepas dari bencana alam seperti banjir dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Tanpa hubungan dan kerjasama yang baik dengan semua dinas terkait maupun dari unsur TNI-Polri tentu kita bekerja akan kewalahan, mengingat pengalaman dan strategi sangat berguna bagi kita di BPBD ini,” Tutur Zarman Candra.

! - Mulai Komposit ->

Adapun langkah selanjutnya, tugas BPBD dalam mewujudkan kota Pekanbaru yang mengantisipasi dampak bencana tersebut perlu dilakukan sosialisasi secara berkelanjutan.

“Kami juga telah berupaya menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat baik secara lisan maupun tulisan berupa pemasangan beberapa spanduk terkait pentingnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” Ujar Zarman.

“Seperti tulisan yang kita sampaikan melalui spanduk – spanduk. Mari kita jaga lingkungan sekitar, hindari aktivitas membakar sampah dan membuang sampah sembarangan sehingga terhindar dari bencana banjir dan karhutla,” Tambahnya.

Sedangkan pemahaman ke masyarakat, tim BPBD kota Pekanbaru secara langsung telah mendatangi tempat – tempat rawan bencana tersebut.

“Melalui media sosial dan juga komunikasi di WA group juga telah kita sosialisasikan, sesuai slogan yang selalu kita sampaikan di setiap kunjungan yaitu bagaimana kita bisa menjaga alam dan tentunya alam juga akan menjaga kita selalu,” Tutup Zarman.

Sementara itu, Kadis LHK kota Pekanbaru Zulfikri SH sangat mengapresiasikan upaya konsolidasi yang telah dilakukan oleh unsur jajaran BPBD secara spontanitas.

“Kunjungan ini merupakan suatu hal yang tidak kita sangka, karena selama ini kami dari dinas LHK selalu bekerja tanpa adanya dari instansi terkait lainnya. Jadi apa yang telah dilakukan oleh Kalaksa BPBD beserta tim, mengingatkan permasalahan kebersihan lingkungan bukanlah tugas dari dinas LHK saja tapi merupakan tanggung jawab kita semua,” Tutup Zulfikri sembari mengharapkan Pekanbaru nantinya akan menjadi ibukota propinsi yang bersih dan sejuk.

Kegiatan dilanjutkan berfoto bersama Kalaksa BPBD Zarman Candra beserta tim dengan Kadis LHK Zulfikri yang didampingi oleh Sekretaris Dinas LHK Fiora Helmi dan staf. ***(Mirza)