Uji Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa S-1 dan D-3 STTAL Surabaya

Surabaya, PilarbangsaNews

Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) mempersiapkan sejak dini para mahasiswanya dalam memperdalam pelajaran yang sudah diterima selama perkuliahan. Untuk pembuktian menghasilkan lulusan yang berkualitas para mahasiswa STTAL melaksanakan satu hal yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dengan melalui uji sertifikasi kompetensi, yakni Programer Komputer dan Perencanaan Kontrol Jaringan dari kedua Prodi Teknik Elektronika dan Teknik Informatika, yang dilaksanakan selama 3 hari di Gedung Marore Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan, Surabaya, Selasa (14/1/2020)

Ujian sertifikasi kompetensi sesuai yang diujikan bertujuan untuk memperdalam pengembangan diri para mahasiswa sebagai tanda kapabilitas diri, sebab manfaat sertifikasi kompetensi tersebut sangat besar dalam satu bidang keahlian tertentu dan memiliki standar khusus untuk menilai kemampuan seseorang.

Loading...

Menurut Wakil Manager Sertifikasi 3 Lembaga Sertifikasi Profesi TNI AL Kolonel Laut (KH) Dr I Made Jiwa Astika, M.MT., menjelaskan, sertifikasi kompetensi dan ijazah adalah dua hal yang berbeda. Ijazah masuk dalam kualifikasi keilmuan yang ditempuh melalui jalur pendidikan formal melalui transkrip nilai yang diperoleh, sedangkan sertifikasi kompetensi rangkaian pembuktian terhadap bidang yang ditekuni yang mengacu kepada parameter uji yaitu skill, knowledge dan attitude. Selanjutnya hasil ujian sertifikasi kompetensi akan dikirimkan ke tingkat Lembaga Sertifikasi Profesi TNI Angkatan Laut dan pengesahan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi diawali pembekalan kompetensi programer komputer dan perencanaan kontrol jaringan oleh asesor STTAL dan ITS kepada para mahasiswa yang akan di ujikan melalui ujian sertifikasi kompetensi programer komputer dan perencanaan kontrol jaringan oleh tim penguji asesor STTAL yang diketuai Kolonel Laut (KH) Dr. I Made Jiwa Astika,M. MT.

Selain jabatan sehari-hari sebagai Direktur Sarjana STTAL juga sebagai Wakil Manager Sertifikasi 3 Lembaga Sertifikasi Profesi TNI AL, bersama tim penguji Letkol Laut (E) Suprayitno, S. Si., M. MT, Letkol Laut (T) Ayip Rivai Prabowo, S.T., M.T., Mayor Laut (E) M. Sigit Purwanto, S.T., M.M., serta Dr. M.Syaifi, S.T., M.T. (salut/indra).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *