KAPOLRES BUKITTINGGI PIMPIN APEL GELAR PASUKAN KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA

Bukittinggi, Pilarbangsanews.com,– Bencana alam adalah merupakan suatu peristiwa alam yang dapat mengakibatkan dampak besar bagi manusia, oleh karenanya perlu dilakukan langkah-langkah penanggulangan dalam menghadapi bencana tersebut.
Menurut BMKG Dan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral menyatakan, bahwa di Sumatera Barat sangat berpotensi terjadinya benca banjir, banjir bandang, tanah longsor, gempa, tsunami, angin puting beliung, abrasi pantai, dan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Oleh karena itulah, maka Polres Bukittinggi bersama dengan stake holder lainnya melakukan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Kewilayahan Dalam Penanggulangan Bencana, pada hari Sabtu tanggal (15/2) di Lapangan Kodim 0304 Agam (Lapangan Kantin Bukittinggi).

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Bukittinggi Akbp Iman Pribadi Santoso, S.IK, MH, yang didampingi oleh Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi, SH, dan Dandim 0304/Agam Letkol Inf. Victor Andhyka Tjokro, S.IP, kemudian dihadiri oleh undangan sebagai
Bupati Agam yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Agam Martias Wanto, unsur FORKOMPIMDA Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam, Perwakilan Anggota DPRD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Kepala BPBD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam., Kepala PMI Kota Bukittinggi Ibentaro Samudera dan Kabupaten Agam, Para Kabag Se Polres Bukittinggi, Kasat Sejajaran Polres Bukittinggi, Kapolsek Sejajaran Polres Bukittinggi, 1 ( satu ) SST perwira gabungan Polres / Polsek Sejajaran Polres Bukittinggi, 1 ( satu ) SST POM TNI-AD, Provos Polri, 1 ( satu ) SST Personil Kodim 0304 / Agam, 2 ( dua ) SST Gabungan Personil Polres dan Polsek Sejajaran Polres Bukittinggi, 1( satu ) SST Dinas LLAJ Kota Bukittinggi, 1( satu ) SST Sat. Pol PP Kota Bukittinggi, 1( satu ) SST BPBD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, 1( satu ) SST dinas Pemadam Kebakaran Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, 1( satu ) SST Tagana Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, 1( satu ) SST PMI Kota Bukittinggi, 1( satu ) SST operator alat berat PU Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Gabungan Unit Ranmor dari Personil Kodim 0304/ Agam, Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi, Personil Polres Bukittinggi, Personil BPBD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Personil Tagana Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.
Dalam Apel ini sebagai Komandan Apel Ipda Yasliman, S.Sos, dan Perwira Apel Akp Reddy Triananto,SH, MH.

Dalam amanatnya Pimpinan Apel Akbp Iman Pribadi Santoso, Sik, MH, menyampaikan, seluruh instansi dan stake holder lainnya di Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam agar dapat bersinergi untuk melakukan pencegahan dan mitigasi bencana, melakukan rehabilitasi lahan dan perbaikan lingkungan, rekayasa teknik, rekayasa sosial, penegakan hukum, dan penyadaran kolektif untuk seluruh masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini, juga ditampilkan semua berupa peralatan dan kenderaan yang ada di setiap instansi dan semua stakeholder, ini menunjukkan keseriusan aparat pemerintah dalam melakukan penanggulangan apabila terjadi bencana alam, demikian Kabag Ops Polres Bukitinggi Kompol Partahian Pane, S.Sos mengahirinya. (Humas ResBkt)