.

PDI Perjuangan Sumbar Bentuk Satgas Anti Hoax Hadapi Pilkada 2020

Padang, PilarbangsaNews

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sumatera Barat, Sabtu (22/02) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama tahun 2020, di Hotel Mercure Padang. Rakerda ini merupakan konsolidasi kader PDI Perjuangan se Sumatera Barat, dalam menghadapi Pilkada serentak 2020.

Calon-calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 2020, dan sudah mendaftar di Partai Moncong Putih, diundang menghadiri Rakerda ini, antara lain Ir. H. Mulyadi, Benny Utama, Ir. Hendra Irwan Rahim, Hendrajoni, Arival Boy, juga sejumlah kader PDI Perjuangan yang kembali maju menjadi calon kepala daerah seperti Bupati Dharmasraya Sutan Rizka Tuanku Kerajaan.

Dalam pembukaan Rakerda, Ketua DPD PDI Perjuangan Alex Indra Lukman mengatakan, akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Hoax, dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 ini. Menurutnya, gempuran fitnah dan berita hoax yang berseliweran saat Pilpres dan Pileg 2019 lalu sepertinya akan terulang di Pilkada 2020 ini.

“Kami yakin, apa yang terjadi pada Pileg dan Pilpres 2019 lalu, bahwa berita berita hoax dan gempuran fitnah, masih akan berlanjut pada Pilkada 2020 ini. Karena itu kami sepakat membentuk Satgas Anti Hoax,” kata Alex Indra Lukman, saat menyampaikan sambutan.

Menurut Alex, teknisnya nanti bisa jadi akan ada tim yang menindaklanjuti secara hukum, jika memang ditemukan berita hoax atau fitnah yang merugikan partai atau calon kepala daerah yang diusung.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Bidang Industri, Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Nusyirwan Sujono memberikan penegasan tentang ide Alex tersebut. Kata Nusyirwan, fitnah dan kampanye hitam, memang bukan cerminan perilaku kader PDI Perjuangan.

“Apa yang disampaikan Pak Alex adalah sebuah penegasan, bahwa kita di PDI Perjuangan tidak membenarkan fitnah dan hoax, kita tidak diajarkan untuk berkampanye secara brutal dan tidak bermartabat, mencari cari kesalahan orang untuk diblow-up di medsos,” kata Nusyirwan Sujono, mantan anggota Komisi X DPR RI itu.

Namun Nusyirwan mengingatkan kadernya di daerah, jangan terlalu larut dengan kegagalan masa lalu, seperti yang dialami PDI Perjuangan Sumbar pada Pilpres dan Pileg 2019.

Acara Rakerda PDI Perjuangan ini, mengundang seluruh kader dari Pimpinan Anak Cabang, Cabang dan seluruh Pengurus DPD PDI Perjuangan Sumbar. (rel/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *