PELALAWAN

Pelalawan Jadi Pilot Proyek BBN Berbasis Kelapa Sawit

Pelalawan, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Pelalawan melaksanakan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2021. Pembukaan Musrenbang RKPD ini dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan HM. Harris bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Rabu (11/03).

Penyusunan RKPD Tahun 2021 ini dengan tema yaitu Pemantapan inovasi pembangunan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan masyarakat yang aman dan sejahtera.

Dalam arahannya Bupati Harris mengatakan bahwa RKPD Perencanaan Tahun 2021 merupakan implementasi tahun terakhir kebijakan Pembangunan Kabupaten Pelalawan periode 2016-2021 dengan visi pembangunan Inovasi Menuju Pelalawan Emas.(Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera). Harris kembali menekankan pada tahun 2021 yang akan datang, pembangunan diarahkan pada penyempurnaan seluruh program pembangunan sesuai sasaran dan target kerja masing masing sehingga pada akhirnya sasaran 5 tahun yang ditetapkan dapat terwujud.

Program dan kegiatan yang mendukung 7 program prioritas pembangunan dan pencapaian misi lainnya harus benar benar dipastikan penyelesaiannya sesuai target yang ada dan berfungsi dengan baik.

Tahun 2021 merupakan akhir masa jabatan Harris. Capaian Target Indikator Komposit keberhasilan pencapaian visi melalui 7 Prioritas Strategis Pembangunan tersebut, pada tahun terakhir ini adalah sebagai berikut; Laju Pertumbuhan Ekonomi 4,50 %, Tingkat Pengangguran Terbuka 3,66 %, Tingkat Kemiskinan 9,10 %, Point, IPM 73,69 dan Point dan Indeks Inovasi Daerah 7,24. Oleh sebab itu program dan kegiatan yang dirumuskan di dalam RKPD 2021 adalah program/kegiatan yang mewujudkan pencapaian indikator komposist dimaksud dan dilaksanakan oleh perangkat daerah sesuai kewenangan.

Sebagai pusat unggulan pengembangan komoditi kelapa sawit yang menjadi sumber ekonomi utama di Provinsi Riau dan Sumatera, maka Pelalawan dipercaya menjadi penentu yang akan mendorong industri kelapa sawit sebagai sumber kesejahteraan di Indonesia.

Saat ini Pelalawan ditetapkan sebagai lokasi pilot proyek pembangunan pabrik Bahan Bakar Nabati (BBN) berbasis kelapa sawit. Segala macam persiapan sudah dilakukan, mulai dari penyiapan petani dan kebun yang akan memasok buah sawit, menyiapkan lahan pabrik, sampai dengan menyiapkan manajemen pengelolaan dan perusahaan pengelola.

Mantan Ketua Adkasi ini menekankan pembangunan pilot proyek BBN di Pelalawan ini akan berpusat di Kawasan Teknopolitan, dengan tetap mengembangkan daerah penyangga lainnya di berbagai kecamatan di Pelalawan. (rul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *