Padang, PilarbangsaNews

Jumlah pasien terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19) di Sumbar hingga Kamis (26/3) sore ini sudah lima orang. Hal tersebut berdasarkan informasi yang disampaikan portal resmi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov Sumbar dan dibenarkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Agus

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan, pihaknya sudah dapat izin dari Ketua Gugus Tugas Nasional Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Litbangkes Kemenkes RI untuk menyampaikan hasil pemeriksaan spesimen pasien kepada publik. “Kita sudah dapat izin umumkan sendiri hasil pemeriksaan spesimen,” kata Irwan lewat ponselnya, Kamis sore (26/3) seperti dikutip Padek.Co.

Baca juga :

10 Tanggapan Dewan Pers Menyikapi Pandemi Covid 19

! - Mulai Komposit ->

Irwan menyebutkan, keberadaan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sangat membantu Pemprov Sumbar mengetahui secara cepat hasil laboratorium dan status pasien dalam penanganan Covid-19.

“Di Laboratorium Unand tersebut, pemeriksaan menjadi lebih cepat diketahui dibandingkan harus mengirim sampel swab hidung dan tenggorokan pasien ke Laboratorium Litbangkes Kemenkes di Jakarta yang memakan waktu dua minggu. Untuk PDP dalam waktu lima jam sudah bisa diketahui hasilnya,” kata gubernur dua periode itu.

Lima pasien positif tersebut, kata gubernur, tersebar di Padang satu orang, Pesisir Selatan satu orang, Bukittinggi dua orang dan Tanahdatar satu orang. Sementara untuk orang dalam pemantauan (ODP) 818 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 22 orang dan negatif 15 orang. “22 orang lagi sedang menunggu hasil pemeriksaan spesimen,” katanya. (p/gk)

Baca juga ;

Cegah Virus Covid-19, Kodim 0910/Malinau Semprot Fasilitas Umum