Sabri Zakaria, Bapak Infrastruktur Sumbar Telah Tiada…

Bengkulu, PilarbangsaNews

Inna Lillahi wa Inna Ilauhirojiun.. Sabri Zakaria (76 tahun) putra Muaro Labuah, Solok Selatan, Sumatera Barat, meninggal dengan tenang di Kota Bengkulu, hari ini Kamis 26 Maret 2020.

Kakak kandung Bupati Solok Selatan Non Aktif Muzni Zakaria ini, sejak pensiun menetap di Jakarta dan Kota Bengkulu karena mempunyai usaha disana, seperti usaha perhotelan.

Berita meninggalnya mantan Kakanwil dan Kepala Dinas PU Sumbar tahun 90 an itu beredar di grup WA Tuah Sakato Sumbar yang anggotanya para pensiun rumah bagonjong Sumbar.

Belum dapat informasi, apakah beliau dibawa ke Sumbar atau dikebumikan di Bengkulu. Namun dari informasi keluarga dekatnya, sepertinya jenazah Sabri Zakaria akan diselenggarakan di Bengkulu.

Sosok Sabri Zakaria bagi masyarakat Sumbar tidak asing lagi, karena kepiawaiannya meraih dana pusat sehingga pembangunan jalan di ranah Minang luar biasa hebatnya. Tanjakan maut ‘Singgalang Kariang’ di Lembah Anai dulu terbilang menakutkan bagi mereka yang menempuh lokasi berbahaya itu, baik yang menuju arah Padang atau sebaliknya. Tidak terhitung korban lalu lintas berjatuhan di ruas jalan itu sejak dibangun pertama kali pada zaman penjajahan Belanda. Itulah salah satu ‘karya’ besar Sabri Zakaria dengan memperlebar jalan Singgalang Kariang dengan memahat dinding tebing itu berbulan bulan. Pekerjanya didatangkan dari Jawa yang ulet dan tekun memahat dinding batu, sebab jika diledakkan akan terjadi longsor dan merusak struktur tanah di kawasan itu.

Bagi Sabri Zakaria, dalam membangun jalan provinsi atau jalan negara di Sumatra Barat, tidak ada sebutan lurah yang dalam dan bukit yang tinggi. Pokoknya berbicara infrastruktur di Sumbar, apakah jalan raya dan irigasi di era 1990-an itu, tidak terlepas dari lakek tangan Sabri Zakaria.

Selain itu, Sabri Zakaria mampu pula mencetak kader penerusnya di bidang infrastruktur ini. Sebut saja nama Hedyanto (Alm), Dody Ruswandi, Bambang Istiono, Ismet, Syarbaini Boy, Mesra Eza, dan lain lain adalah kader binaan Sabri Zakaria.

Di bidang organisasi kemasyarakatan, Sabri Zakaria memimpin Dewan Pimpinan Kolektif (DPK) Kosgoro Sumbar. Di era nya Kosgoro menyelenggarakan banyak kegiatan di Ranah Minang berupa pengabdian dan kegiatan ekonomi serta PDK Kosgoro Sumbar memiliki kantor sendiri di Kawasan GOR H. Agus Salim.

Sampai sekarang, nama Sabri Zakaria tetap fenomenal di daerah ini, karena begitu banyak dana pusat di bidang infrastruktur yang berhasil diraih Sumbar, sehingga jalan raya di Sumbar mulus dan lebar. Kesan lain adalah hubungannya yang baik dengan pers dan kalangan wartawan daerah ini. (zul/gk)

Baca juga ;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *