Pessel

Angka Notifikasi Covid-19 di Pessel Meningkat Tajam

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, —
Orang dengan status Notifikasi covid-19 di Pesisir Selatan, Sumbar, terus bertambah, kalau hari Selasa kemaren terdata 1.502 orang, hari ini Rabu (1/4/2020) meningkat tajam menjadi 2.125 orang.

Terjadi peningkatan sebanyak 623 orang. Cukup signifikan. Tapi bukan berarti jumlah tersebut adalah jumlah orang pulang kampung pada hari ini.

“Bisa jadi kepulangan mereka sudah beberapa hari, tapi baru dilaporkan oleh petugas di kanagarian, ” kata Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi

Istilah notifikasi Covid-19 di Pesisir Selatan adalah orang orang yang pulang kampung atau datang dari daerah pendemi virus corona atau Covid-19. Mereka dalam keadaan sehat dan belum memperlihatkan tanda tanda terjangkit virus yang mudah mewabah itu dan mereka tidak berstatus ODP apalagi PDP.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mereka itu adalah yang pulang dari Malaysia, pulau Jawa dan ada juga mahasiswa.

Baca berita terkait;

1.502 Orang Datang Dari Daerah Terjangkit Covid-19, Masuk ke Pessel

Mereka sampai dikampung dicatat oleh perangkat walinagari bersama petugas puskesmas dan catatan data itu diteruskan ke camat. Dari camat kemudian dilaporkan ke tim penanganan covid -19 kabupaten.

“Sejauh ini mereka yang kembali dari daerah terjangkit covid-19, masih kelihatan dalam keadaan sehat dan tidak memperlihatkan tanda tanda tertular covid-19, ” kata Rinaldi

Walupun begitu, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan, bagi mereka yang baru pulang kampung kita sarankan dirumah saja, dan diminta untuk physical distancing dan sosial distancing dulu. Jika perlu melakukan karantina mandiri demi memutus rantai penyebaran virus Corona ini, ” kata Rinaldi.

Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 239, serta pasien dalam pengawasan (PDP) tiga orang dan positif dua orang.

Pasien dalam pengawasan dua orang dirawat di rumah sakit M. Jamil Padang, satu dirawat di rumah sakit M.Zen Painan.

Pasien 01 Tertular Saat Ikuti Penataran.

Pasien positif Covid-19 yang kini di rawat di RSUP M Jamil Padang, tertular saat mengikuti Penataran di sebuah hotel di Padang.

Waktu itu yang bersangkutan satu kamar dengan temannya dari Pasaman Barat. Teman nya itu membawa saudaranya yang pulang dari Malaysia ke hotel dan mereka satu kamar.

Artinya sejauh ini pasien yang tertular covid-19 di Pesisir Selatan tidak berasal dari perantau yang pulang kampung. Namun demikian kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan mengikuti anjuran pemerintah tidak keluar rumah jika tidak dalam benar benar ber keperluan.

Jika harus keluar rumah, jaga jarak dan sering sering cuci tangan. Jangan pegang bahagian mata mulut hidung sebelum cuci tangan dengan sabun Ditergen. (****)

Baca juga;

Pasien Covid-19 di Sumbar Terus Bertambah Jadi 12 Orang

TNI Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Epem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *