Simpang Empat, PilarbangsaNews

Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit menghadiri acara penutupan dan penyerahan hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 TA 2020 Kabupaten Pasaman oleh Kodim 0305 Pasaman kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

Acara yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Selasa (14/4) diikuti Bupati Pasaman Barat H. Yulianto, SH.,MH., Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., Kasi Ter Korem 032/WBR Letkol Budi Prasetyo, Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf. Ahmad Aziz, Kapolres Pasaman Barat AKBP Fery Herlambang dan unsur Forkopimda Kabupaten Pasaman Barat lainnya.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020 selama satu bulan dilaksanakan di tiga jorong di Nagari Ranah Batahan. Sasaran pokok adalah membangun jalan sepanjang 4,2 kilometer yang selama ini menjadi impian masyarakat untuk membawa hasil perkebunan. Tapi faktanya karena tingginya partisipasi maka jalan yang dibuka TMMD ke-107 ini mencapai panjang 12 kilometer.

! - Mulai Komposit ->

Wakil Gubernur Nasrul Abit menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada segenap jajaran TNI yang telah melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui TMMD ke-107. “Hari ini diserahkan hasil TMMD kepada pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat dengan harapan, pembangunan akses jalan dan juga fasilitas umum ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan tentunya juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Nasrul Abit.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Yulianto mengatakan, TMMD ke-107 ini berjalan cukup baik meskipun di tengah wabah Covid-19. Beberapa kegiatan dalam program TMMD di Pasaman Barat khususnya terhadap sasaran pokok yaitu peningkatan jalan Paraman Sawah- Kampung Pinang berupa pembukaan jalan sekitar 12 km, pembangunan plat duiker 3 unit, pasangan batu, galian saluran, sirtu badan jalan dapat terlaksana dengan baik. .

“Jalan yang telah dibangun melalui TMMD ini adalah membuka akses tiga jorong di Nagari Ranah Batahan yaitu Jorong Parman Sawah, Jorong Sawah Mudik, dan Jorong Sigantang dengan jumlah penduduk 1.503 jiwa dengan 399 KK,” papar Yulianto.

Acara Penyerahan Hasil TMMD ke-107 Tahun 2020, diakhiri dengan penandatanganan berkas Serah Terima oleh Dandim 0305 Pasaman Letkol Ahmad Aziz dan Bupati Pasaman Barat H. Yulianto.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar mengatakan, kegiatan TMMD setiap tahun disupport oleh Pemprov Sumbar melalui Dinas PMD. Tahap pertama tahun 2020 ini TMMD ke-107 dilaksanakan di dua daerah, yaitu Kab. Pasaman Barat dan Kab. Sijunjung. “Pelaksanaan TMMD di kedua kabupaten ini berhasil dengan baik dan sasaran pokok di kedua daerah ini adalah membuka jalan baru, akses bagi masyarakat untuk membawa hasil perkebunan dan pertanian,” kata Drs. H. Syafrizal, MM., yang didampingi Kabid Kerjasama dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Vera Irawati, ST.,MM.

Ditambah Drs. H. Syafrizal, MM., untuk tahun 2020 ini masih ada dua kali lagi pelaksanaan TMMD di Sumbar, yaitu TMMD ke-108 di Kab. Tanah Datar pada bulan Juli dan TMMD ke-109 di Kab. Pesisir Selatan pada bulan Oktober mendatang. “Insya Allah berjalan lancar dan tidak terganggu oleh wabah Covid 19 karena kegiatan TMMD ini sangat bermanfaat untuk pembangunan daerah,” kata Syafrizal, mantan Pj Bupati Kepulauan Mentawai ini. (gk)