KBRI Cairo Senin (20/4) kemaren merilis video kreasi mahasiswa Mesir di Cairo untuk mensosialisasikan himbauan “Stay at Home” dalam rangka mencegah penyebaran coronavirus. Video yang ditayangkan di medsos KBRI Cairo merupakan hasil lomba konten kreatif antar mahasiswa Indonesia di Mesir.

Dubes RI Cairo, Helmy Fauzy, secara simbolis menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba tersebut pada tanggal 14 April 2020 di KBRI Cairo. Lomba yang digelar secara kerja sama antara KBRI Cairo dan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir diikuti dengan antusias oleh 53 peserta mahasiswa Indonesia.

Agus

“Dari 53 video tersebut, telah dipilih 7 video terbaik sebagai pemenang,” kata Dubes dalam siaran pers Selasa 21 April 2020.

Dubes Helmy menyatakan kekagumannya atas hasil karya para mahasiswa peserta lomba. “Lomba ini merupakan salah satu upaya KBRI Cairo dan PPMI untuk mengarahkan mahasiswa Indonesia untuk tetap di rumah selama masa pandemi COVID-19 di Mesir tetapi tetap produktif,” jelas Helmy Fauzy.

! - Mulai Komposit ->

Hasil lomba ini juga dapat dimanfaatkan untuk diseminasi informasi dan himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan para WNI di Mesir terhadap wabah COVID-19, tambah Dubes Helmy.

Sebagai pemenang pertama yaitu video edukasi dan informasi mengenai COVID-19 dalam bentuk animasi. Adapun video pemenang kedua dan ketiga menceritakan aktivitas di rumah saja yang dapat dimanfaatkan selama masa pandemi COVID-19 untuk menjaga stamina fisik dan fikiran tetap sehat dan semangat.

Video-video lainnya juga banyak bertemakan hal yang sama dengan aktivitas yang bervariasi dan tampilan yang kreatif dan menarik. Walaupun para peserta adalah mahasiswa Indonesia yang mayoritas menuntut ilmu agama di Universitas Al Azhar, hasill-hasil video mereka menimbulkan kekaguman karena proses kreatifnya dilakukan secara mandiri. Video-video yang dinilai terbaik dapat disaksikan melalui link https://drive.google.com/open?id=1rm82ir6kFNDNk7Ae4XGWAiQvXX7wBMnS.

Sebagai informasi ada sekitar 9.000 WNI yang berdomisili di Mesir. Dimana lebih dari 7000 orang adalah mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar. Saat ini Mesir juga mengalami dampak dari pandemi COVID-19, dan telah memberlakukan kebijakan-kebijakan untuk mencegah penularan COVID-19 dengan membatasi pergerakan masyarakat yaitu antara lain dengan penerapan jam malam (curfew) dan meliburkan kegiatan sekolah serta perguruan tinggi.

Lomba konten video kreatif tersebut diharapkan dapat menambah semangat dan tetap memupuk kreatifitas para mahasiswa Indonesia di Mesir di tengah situasi wabah virus Corona. KBRI Cairo juga terus melakukan upaya-upaya diseminasi informasi dan imbauan kepada WNI terkait COVID-19.