Solok Kota

Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19, Jalan Lingkar Pasar Raya Solok Ditutup

Kota Solok, PilarbangsaNews

Pemerintah kota Solok secara resmi menutup jalan lingkar Koto Panjang kawasan pasar raya solok. Hal ini dilakukan untuk mencegah interaksi pengunjung pasar dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di Kota Solok.

Pasar raya solok yang selalu ramai setiap harinya, sangat dimungkinkan untuk menjadi wilayah penyebaran seperti yang telah terjadi di kota lain.

Guna menyikapi hal itu, pemerintah Kota Solok bersama Forkompimda beserta masukan dari tokoh masyarakat untuk sepakat untuk menutup akses jalan lingkar koto Pasar Raya Solok.

Dalam forum tersebut turut hadir, Wakil Wali Kota Solok Reinier yang juga selaku Ketua Satgas Penegak PSBB, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi,S.Ik, Letkol ARM Reno Triambodo, Kajari Solok Donny Haryono Setyawan,SH, Anggota DPRD Kota Solok Nasril In Dt. Malintang, Pj. Sekda Kota Solok Drs. Luhur Budianda SY, M.Si, serta para Asisten dan Kepala OPD terkait. Ruang Sekretariat Bersama Gugus Tugas, Kamis (30/4)

Wali Kota Zul Elfian mengemukakan keprihatinan dan kekhawatirannya melihat kondisi Pasar Solok dimasa pemberlakuan PSBB. Kesadaran masyarakat yang dinilai lemah dalam menerapkan physical distancing atau menjaga jarak, menjadi salah satu bom waktu penyenaran wabah tersebut.

“Saya prihatin dan sekaligus khawatir melihat kondisi pasar baik itu mulai diberlakukannya PSBB sampai masuk hari ke-9. Saya cemas kita seperti dihadapkan dengan bom waktu, karena kita walau masuk zona hijau akan tetapi daerah sekitar kita telah masuk zona merah,” ungkap Wako.

Kecemasan Wako bukannya tidak beralasan, karena tepat di hari ke -9 PSBB Kamis tanggal 30 April menjelang siang ada seorang wanita yang tiba-tiba pingsan ditengah keramaian pasar di tangani tim COVID-19. “Berbagai upaya sosialisasi dan menghimbau sebagaimana layaknya penerapan PSBB telah masif dilakukan, tapi melihat kejadian tadi mau tidak mau kita perlu melakukan upaya lebih untuk mencegah hal yang kita khawatirkan terjadi, ditambah lagi pasar lain disekitar daerah kita telah tutup,” tambahnya.

Dalam rapat tersebut juga turut disepakati akan dilakukan penutupan total jalan lingkar Kota Panjang Pasar Solok dan akan direlokasi ke Pasar Rakyat yang baru dekat Terminal Bareh Solok. Selanjutnya pada hari Sabtu 2 Mei dan Minggu 3 Mei 2020 akan dilakukan penutupan Pasar Solok karena akan disemprot disinfektan total oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Solok. (ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *