Polri

Delapan Calon Kapolri Mengapung, Salah Satunya Komjen Boy Rafli

Jakarta, PilarbangsaNews

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis enam bulan lagi pensiun. Sejumlah nama calon pengganti muncul. Versi Indonesia Police Watch (IPW), setidaknya ada delapan nama yang disebut-sebut bakal masuk ke dalam bursa calon Kapolri, salah satunya Komjen Polisi Boy Rafli Amar.

“Ada delapan nama yang disebut-sebut masuk sebagai calon kuat,” ujar Ketua Presidium IPW Neta S. Pane saat dikonfirmasi pada Kamis (11/6) seperti dilansir sejumlah media.

Dari data IPW, delapan nama itu terdiri dari lima jenderal bintang tiga atau pangkat Komisaris Jenderal, dan tiga jenderal bintang dua atau pangkat Inspektur Jenderal. Mereka adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 A hingga lulusan tahun 1991.

Delapan nama itu adalah, Jenderal bintang tiga :

Pertama, Komjen Rycko Amelza Dahniel (Kabaintelkam)

Kedua, Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam)

Ketiga, Komjen Boy Rafli Amar (Kepala BNPT)

Keempat, Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim)

Kelima, Komjen Gatot Eddy Pramono (Wakapolri)

Jenderal bintang dua :

Pertama, Irjen Nana Sudjana (Kapolda Metro Jaya)

Kedua, Irjen Ahmad Luthfi (Kapolda Jateng)

Ketiga, Irjen Fadhil Imran (Kapolda Jatim)

Ketiga jenderal bintang dua ini bisa masuk bursa calon Kapolri karena dua posisi jenderal bintang tiga saat ini akan memasuki masa pensiun yaitu Kepala BNN dan Sestama Lemhanas.

Bahkan, lanjut Neta, jika Calon Kapolri dipilih 1 Juli ini, maka posisi Kakorbrimob akan menjadi bintang tiga, sehingga peluang jenderal bintang dua untuk masuk menjadi bintang tiga menjadi tiga posisi.

Menurut prosedur, nama-nama yang masuk dalam bursa calon Kapolri itu akan digodok Dewan Kebijakan Tinggi Polri. Nama yang lulus seleksi akan diserahkan Kapolri kepada Presiden untuk dipilih, lalu dilakukan uji kepatutan di Komisi Hukum DPR. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *