.

Sambut HUT ke-74, Jalasenastri Daerah Armada II Gelar Donor Darah

Surabaya, PilarbangsaNews

Semenjak merebaknya Wabah Covid-19, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur menjadi menipis. Hal ini disebabkan masyarakat khawatir tertular virus global tersebut, bila melaksanakan donor darah. Kondisi inilah yang menjadi alasan Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Yayuk Heru Kusmanto mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah, sekaligus untuk menyambut HUT Jalasenastri ke-74, dan digelar Jumat (12/6) di Gedung Panti Tjahaya Armada, Markas Koarmada II.

Menurut Ketua Daerah Jalasenastri Armada II aksi sosial yang diprakarsainya tersebut merupakan bentuk kepedulian Jalasenastri terhadap sesama, di tengah krisis darah akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan arahan Ibu Ketua Umum Pusat Jalasenastri, Ibu Vero Yudo Margono untuk tidak surut atau luntur semangatnya dalam mewujudkan kepedulian dan berbagi, walau dalam situasi masih merebaknya virus mematikan tersebut.

Ketua DJA II berharap, kegiatan ini mampu memberi manfaat besar, baik bagi kesehatan pihak pendonor maupun bagi PMI sebagai penerima stok darah yang terkumpul.

Pada hari ke-dua ini terkumpul 365 orang, terdiri dari anggota Jalasenastri dan prajurit Koarmada II yang mendaftarkan diri sebagai peserta donor. Sedangkan hari pertama (Rabu, 10 juni) terkumpul 307 pendonor.

Sesuai prosedur, para peserta dicek terlebih lebih dahulu kesehatannya oleh petugas PMI Gresik dan personel Dinas Kesehatan Koarmada II, dan selama kegiatan donor darah berlangsung seluruh petugas dan peserta wajib mematuhi aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Kegiatan sosial ini juga mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa yang meninjau langsung bersama Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, usai mengikuti acara Peduli Kasih Dampak Covid-19 di KRI Makassar-590. Gubernur Khofifah dalam kesempatan tersebut menyempatkan waktu untuk menyapa dan memberikan bingkisan kepada salah seorang peserta donor. (Relis/Salut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *