Pekanbaru – Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M.Han menghadiri rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang digelar oleh Forkompida Provinsi Riau, bertempat di Balai Dang Merdu Menara Bank Riau Kepri, Kota Pekanbaru, Senin (06’07/20).

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Gubernur Riau H. Syamsuar tersebut, mengundang seluruh pemangku kepentingan menjelang musim kemarau yang diprediksi melanda Riau hingga September 2020.

Agus

Musim panas ini dikhawatirkan akan membuat lahan pertanian di Riau dikhawatirkan kembali terbakar.

Ucok

“Sebagai tindak lanjut dari rapat Menkopolhukam melalui kementerian terkait dan pemerintah daerah (Pemda) meminta bantuan, perlu kiranya Kita melakukan penyelidikan melalui pemeriksaan dini,” Kata Gubernur Riau H. Syamsuar.

Beliau menambahkan, dalam upaya antisipasi karhutla, selain tindakan pencegahan pemerintah Pusat juga mengintruksikan penindakan hukum sebagai tanggapan di lapangan.

! - Mulai Komposit ->

“Ini sesuai intruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020, yang berisikan pelanggaran, penindakan hukum, penanganan di lapangan,” Ujarnya.

Selanjutnya Danrem 031/Wira Bima memaparkan Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga Minggu (5/7) lalu, tercatat ada sebanyak 19 titik panas terpantau di Provinsi Riau.

Titik panas paling banyak tersebar di Kabupaten Indragiri Hilir 7 titik, Pelalawan 6 titik, sisanya di Kabupaten Kampar dan Siak masing-masing 3 titik.

Menyikapi hal tersebut Danrem 031/Wira Bima selaku Dansatgas Darat menyatakan siap mendukung Pemprov Riau dengan segala kemampuan dan personel yang dimilikinya.

Danrem juga menyampaikan Kepada Gubernur, “Sampai dengan hari ini untuk kekuatan Satgas Darat yang tergelar adalah sejumlah 1000 orang dan tersebar di 12 Kabupaten Kota atau di 7 (tujuh) Kodim yang dimiliki.

“Sebenarnya Kami masih mempunyai kekuatan totalnya ada 2200 dan kami siap untuk menggelar seluruh personel ini atas petunjuk dari Bapak Gubernur,” Ungkap Danrem.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kapolda Riau, Perwakilan Lanud Roesmin Nurjadin, para Bupati/Walikota Se Provinsi Riau, para Dandim Jajaran Korem 031/WB serta Tamu undangan. ***(Mirza)