Laut Mediterania, PilarbangsaNews

KRI Sultan Hasanuddin (SHN-366) dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmanda II yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL Tahun 2019 melaksanakan latihan bersama Miscex 806 RAS (Replanishment at Sea) Approach dengan unsur MTF lain dari kapal perang Brazil BRS Independencia F 44 di zona I center south AMO, laut Mediterania, pada Rabu (08/07) waktu setempat.

Agus

Kapal Brazil BRS Independencia F 44 ini adalah kapal perang jenis Frigate, Niteroi class yang dibangun di Arsenal de Marinha, Rio de Janeiro, Brazil.

Ucok
! - Mulai Komposit ->

“Latihan Ini merupakan latihan bersama kedua kalinya yang dilaksanakan oleh KRI Sultan Hasanuddin – 366 dengan kapal perang Brazil, dimana sebelumnya latihan ini juga pernah dilaksanakan oleh KRI Sultan Hasanuddin – 366 dengan kapal perang Brazil BRS Barosso V – 34,” ujar Letkol Laut (P) Ludfy selaku Dansatgas.

“Kegiatan latihan bersama ini diawali dari KRI Sultan Hasanuddin-366 berperan sebagai kapal penerima dengan melaksanakan approach ke kapal perang Brazil BRS Independencia F-44, dilanjutkan dengan pengiriman tali jarak dan tali utama, dilanjutkan dengan Mailbag Transfer,” terang Ludfy.

Selanjutnya kapal perang BRS Independencia F-44 berganti peran menjadi kapal penerima dan melaksanakan approach kepada kapal pemberi yaitu KRI Sultan Hasanuddin – 366.

Pada akhir latihan, kapal perang Brazil BRS Independencia F – 44 dan KRI Sultan Hasanuddin – 366 bermanuver keluar formasi dengan kecepatan tinggi untuk selanjutnya kembali menuju sektor operasinya masing – masing.

Ludfy juga menambahkan bahwa kegiatan latihan RAS seperti ini sangat diperlukan dalam satu satuan tugas seperti MTF Unifil, guna memperpanjang kehadiran unsur di laut. Dalam rangka melaksanakan misi Unifil Maritime Interdiction Operation. (Relis/Salut)