Pekanbaru

Ratusan Tenaga Relawan Covid-19 Direkrut, Kadiskes Pekanbaru Minta Keseriusan Dalam Bertugas

Pekanbaru – Dalam mengantisipasi lonjakan pasien kasus positif Covid-19, Dinas Kesehatan melalui kebijakan Pemerintah kota Pekanbaru telah membuka lapangan pekerjaan dibidang kesehatan.

Perekrutan tenaga kerja relawan Covid-19 dilingkungan kota Pekanbaru ini telah dilaksanakan selama 2 tahap dengan proses penerimaan sesuai ketentuan yang berlaku serta sistem penilaiannya secara selektif dan terukur.

Untuk diketahui, pada tahap I penerimaan tenaga relawan Covid-19 Pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan telah menetapkan sebanyak 50 orang dan pada tahap II sebanyak 96 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) kota Pekanbaru M.Noer ketika dijumpai mengatakan bahwasanya jumlah tenaga relawan Covid-19 yang dibutuhkan dalam menangani pasien positif maupun pasien OTG diperlukan sebanyak 180 orang.

“Sampai saat ini tenaga relawan yang sudah terekrut dari tahap I dan II sebanyak 146 orang, dan untuk sisanya akan kita usulkan kembali sesuai dengan kebutuhan dan anggaran dari pemerintah kota Pekanbaru,” ujar M.Noer.

Terkait penempatan tugas dari tenaga relawan Covid-19 tersebut, M.Noer menyebutkan akan ditempatkan di Rumah Sakit Madani kota Pekanbaru untuk pengobatan pasien positif dan di tempat isolasi mandiri yang berada di komplek Rusunawa untuk pasien OTG.

“Tenaga relawan tersebut akan kita bagi di dua tempat, sesuai dengan tugas pokok kerja yang dibutuhkan nantinya, Meliputi bidang dokter, perawat, tenaga laboratorium, pengemudi mobil ambulans, petugas kebersihan, keamanan, dan unsur disektor lainnya,” ungkap Kadiskes Pekanbaru.

“Dan untuk batas waktu, tenaga relawan tersebut kita kontrak selama dua bulan yang akan berakhir hingga 31 Desember 2020 mendatang, apabila dibutuhkan kembali melihat perkembangan kasus Covid-19 akan kita ajukan untuk perpanjangan masa kerjanya,” tambahnya.

Sebagai tenaga relawan dalam melayani dan menangani pasien Covid-19, merupakan pekerjaan yang penuh dengan tantangan, untuk itu sangat diharapkan sekali keseriusan dan niat yang tulus serta keikhlasan selama menjalankan tugas.

“Pekerjaan ini tidak main-main, jadi sebelumnya sudah kita beritahukan juga komitmen dari pihak keluarga tenaga relawan tersebut bahwasanya kerja ini memiliki resiko yang tinggi. Kita berharap mereka dapat bekerja dengan maksimal dan bersungguh-sungguh,” harap M.Noer usai memberikan pengarahan dan pemahaman di lapangan Kantor Dinas Kesehatan kota Pekanbaru pada Kamis (05/11/20) Petang.

Terakhir, Kadiskes M.Noer menghimbau kepada semua tenaga relawan selama menjalankan tugasnya agar selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan bisa memanfaatkan waktu dengan mendisplinkan diri.

“Kita berdo’a dengan adanya tenaga relawan Covid-19 ini, peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 dapat berkurang hingga tidak ada sama sekali. Semoga masyarakat kota Pekanbaru dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah virus mematikan ini,” tutup Kadiskes Pekanbaru seraya mengelorakan semangat kepada tenaga relawan dengan melantangkan teriakan yel-yel “Dinas kesehatan, sukses…
Salam sehat, sehat pekanbaru Ku…”. *(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *