Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Untuk meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah nagari di bidang kehumasan dan protokoler, Pemerintah Nagari Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan Kotobaru mengelar Bintek Humas dan Protokoler, Senin (16/11) di aula kantor wali nagari setempat. Peserta Bintek semua perangkat pemerintahan nagari berjumlah 25 orang dari kepala jorong, anggota Bamus dan perangkat nagari.

Anak erizal

Wali Nagari Gunuang Malintang Wido Putra, Amd menjelaskan bahwa Bintek Tupoksi Administrasi dan Protokoler bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan praktik langsung keprotokolan bagi pemangku kepentingan. “Sehingga peserta akan mampu mengimplementasikan dalam setiap acara yang dilakukan di nagari,” ujar wali nagari yang ramah ini.

Sementara itu nara sumbernya dari bagian humas dan protokoler Kantor Bupati Limapuluh Kota. Hendra yang juga Kabag Humas dan Protokoler menjelaskan bahwa Bintek ini akan memberikan pengetahuan dan praktik layanan prima serta keprotokolan bagi peserta, yang akan berguna untuk penyelenggara pemerintahan nagari dalam menyelenggara acara resmi di Gunuang Malintang.

“Nagari Gunuang Malintang satu satunya nagari di Kab. Limapuluh Kota yang menyelenggara bintek khusus keprotokolan bagi staf dan anggota Bamus,” tukuk Hendra.

Sementara itu Jhoni Avesta Kepala Jorong Sungai Pimpiang yang menjadi peserta menyatakan, bahwa dengan bintek ini dirinya memahami bagaimana cara tata cara keprotokolan dan memahami bagaimana memberikan layanan yang terbaik dalam pemerintahan nagari dan mengatur tata cara melaksanakan acara resmi.

“Kami akan programkan kegiatan bintek protokoler ini setiap tahun, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas aparatur dalam melaksanakan kegiatan resmi dan masyarakat,” sebut wali nagari Wido Putra, yang peduli dengan keluhan masyarakatnya.

Pengetahuan Humas dan Protokoler sangat membantu melayani masyarakat menciptakan pemerintahan yang baik dan responsi. (wba)