Pekanbaru – Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menghadiri acara pertemuan tingkat Gubernur, Chief Ministers and Governors Forum (CMGF) ke-17 tahun 2020 secara virtual di Kediaman Gubri, Rabu (18/11/2020).

Selain CMGF, sekaligus juga digelar pertemuan tingkat menteri Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT) yang dihadiri oleh pejabat tingkat menteri di tiga negara tersebut.

Agus 2

Selain Gubri, turut hadir 10 gubernur yang ada di Pulau Sumatera, seperti Sumatera Barat (Sumbar), Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Lampung.

Pada agenda CMGF dan IMT GT ini, Pemerintah Provinsi Sumbar, Kepulauan Riau dan Aceh, mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia untuk memaparkan berbagai potensi-potensi yang ada di daerah Pulau Sumatera, khususnya di wilayah provinsi bersangkutan.

Hj-HMDS

Ada banyak sektor kerjasama yang dibahas dalam IMT-GT, terutama pertanian dan agroindustri, pariwisata, produk dan layanan halal serta transportasi, teknologi, perdagangan, investasi, pendidikan, budaya dan lingkungan.

Acara yang dipimpin oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyampaikan bahwa seharusnya kegiatan ini diselenggarakan secara tatap muka, namun karena adanya pandemi harus diselenggarakan secara virtual.

“Meskipun virtual, mudah-mudahan tidak mengurangi makna dari kegiatan ini,” ujarnya.

Irwan berharap, melalui kegiatan ini dapat terus terjalin kerja sama yang baik antara Indonesia, Malaysia dan Thailand sehingga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah.

“Selamat mengikuti kegiatan CMGF IMT GT, silahkan paparkan informasi terkait daerah masing-masing,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Gubri didampingi langsung oleh Karo Administrasi Ekonomi Setdaprov Riau, Jhon Armedi Pinem serta staf lainnya. *(mirza/mcr)