Pekanbaru – Gubernur Riau Syamsuar, melantik dan mengambil sumpah 75 kepala sekolah SMA dan Sekolah Luar Biasa (SLB), Kabupaten Kota se Provinsi Riau, Kamis (19/11), di aula Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

75 kepala sekolah yang dilantik ini sebagian besar telah menjabat sebagai Plt Kepala Sekolah, dalam kurun waktu lebih kurang 6 bulan.

Agus 2

Syamsuar, dalam arahannya, mengatakan, pelantikan ini merupkan momentum yang sangat penting dalam mengawasai tahun ajaran baru sebagai kepala sekolah.

Hal ini sejalan dengan banyaknya Plt kepala sekolah ada juga yang pensiun. Kemudian, pelantikan ini telah memenuhi standar kompetensi aturan yang telah ditetapkan.

Hj-HMDS

“Ada lima standar kompetensi yang harus dipenuhi oleh kepala sekolah, diantaranya, pertama kompetensi kepribadian, kedua kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, keempat kompetensi supervisi dan kelima kompetensi sosial. Oleh karena itu sebanyak 75 kepala sekolah SMA yang dilantik telah memenuhi standar kepala sekolah,” ujar Gubri.

Dikatakan Gubri, sebagai kepala sekolah, harus bisa dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah yang dipimpin.

Bagaimana bisa menjadikan sekolah tersebut menjadi yang terbaik, dan program sekolah dapat diterima oleh guru-guru dan murid-murid yang ada di sekolah. Menjadi peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, mengikuti, sebagai pendidik, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagi supervisor, sebagai leader, sebagai inivator, dan juga sebagai motivator. Agar program sekolah yang dipimpin dapat tercapai, oleh karena itu kepala sekolah sebagai salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan pendidikan, dan juga salah satu penentu kualitas sumber daya manusia yang ada di Provinsi Riau,” tegas Gubri. *(mirza/mcr)