Dinyatakan positif terpapar virus corona bukanlah akhir dari segalanya. Tidak sedikit pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 kini telah sembuh dan kembali melakukan kegiatan sehari-hari seperti sedia kala.

Kabar baik datang dari seorang pasien virus Covid-19. MW (54) warga Komplek Griya Cahaya, Aia Pacah, Kota Padang. Seorang tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil ini sempat dinyatakan positif Covid-19. MW juga sempat kontak dengan keluarga.

Anak erizal

Bermula pada 30 Oktober 2020 MW dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya MW juga mengalami demam dan indra penciumannya yang mulai hilang.

Tentu saja MW cemas saat mendengar hasil tes swab-nya positif. MW tidak ingin keluarganya juga terpapar Covid-19. Meskipun MW melakukan isolasi mandiri di rumah, namun tidak menutup kemungkinan apabila istri dan tujuh anaknya terpapar Covid-19.

“Awal mula didiagnosis positif covid pada tanggal 30 Oktober 2020 pada pukul 09.00 WIB. Perasaan Saya pada saat itu khawatir karena selama menunggu hasil tes swab keluar, Saya karantina di rumah bersama istri dan anak-anak sehingga kemungkinan selama karantina bisa saja menularkan pada keluarga.” ujar MW pada Gian Giodani dari PilarbangsaNews, Kamis (26/11).

Setelah terkonfirmasi positif Covid-19, MW langsung mengabari Ketua Rukun Tetangga (RT) dan langsung berangkat ke RSUP M. Djamil Padang untuk melakukan rontgen thorax dan mengabari teman di kantor untuk mendaftarkan keluarga tes swab di RSUP M. Djamil Padang.

Meskipun MW sedih karena berpisah dengan keluarga, MW juga merasa lega karena hasil tes swab semua anggota keluarga negatif.

“Isolasi mandiri yang Saya jalankan membuahkan hasil baik. Keluarga saya tidak terpapar Covid-19,” sebut MW.

MW menjalani karantina selama 7 hari di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi, Kota Padang, Provinsi Sumatera barat. MW mengaku, senam adalah kegiatan yang dilakukannya setiap pagi dan makan lancar 3 kali sehari.

Pada tanggal 6 November, MW dinyatakan negatif. MW senang ketika mendengar hasil negatif karena dapat pulang dan bertemu keluarga. Pulangnya MW dari SPN Padang Besi disambut hangat oleh keluarga. Hingga kini, MW beraktifvitas kembali seperti biasa.

Dari pengalamannya itu, MW berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bisa selalu disiplin protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dengan menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Gian Giodani)