Bukittinggi – Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang dalam rangka menyambut perayaaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 telah dilakukan di halaman Mapolres kota Bukittinggi pada Senin (21/12) Pagi.

Kegiatan apel gabungan dipimpin langsung oleh Kapolres kota Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara SH, S.I.K, MH dihadiri juga oleh Asisten II pemerintah kota Bukittinggi Novryanto, Dandim 0304/Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, S.E., M.Tr (Han), Kepala Pemadam Kebakaran kota Bukittinggi Susilo, Kadishub kota Bukittinggi Mashar Danil, dan puluhan personel Polres, Kodim, Satpol PP yang terlibat.

Apel operasi gabungan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini, bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas selama natal 2020 dan tahun baru 2021 serta melaksanakan rangkaian patroli rutin menuju tatanan new normal berskala besar di wilayah Kota Bukittinggi.

Dalam hal ini, menurut Kapolres kota Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara jajaran Polri akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin Singgalang tahun 2020 selama 15 hari, yaitu dari tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021 kedepan.

“Kami harapkan kepada seluruh personil yang terlibat operasi ini agar nantinya dapat menjaga tempat-tempat yang dianggap rawan dalam penyebaran virus Corona. Sehingga tidak menimbulkan munculnya cluster-cluster baru selama natal dan tahun baru,” ujar Kapolres Bukittinggi.

Ditempat yang sama, Dandim 0304/Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, S.E., M.Tr (Han) mengatakan akan berupaya mendukung penuh pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang tahun 2020 dan tetap berupaya memberikan himbauan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan kepada masyarakat.

“upaya ini kita lakukan bersama jajaran Polri dan tim gabungan lainnya, bertujuan agar masyarakat terkena/terpapar wabah Covid-19. Maka melalui pendisiplinan diri dalam menjalankan protokol kesehatan selama natal dan tahun baru nanti, kami akan lebih tegas apabila dijumpai kerumunan ditempat-tempat keramaian dengan cara melakukan pembubaran,” ujar Dandim Yosif seraya menyebutkan tetap akan memberikan pemberitahuan kepada pemilik toko, cafe , swalayan untuk menyediakan tempat cuci tangan didepan pintu masuk.

Usai apel gabungan, pelaksanaan New Normal Skala Besar di wilayah kota Bukittinggi langsung berjalan dengan melakukan patroli ke beberapa sasaran, yaitu Jalan Sudirman menuju Parak Kopi, Jalan Panorama Lobang Jepang menuju Kampung Cina, By Pada menuju Mandiangin, Pasar Bawah menuju Jam Gadang, Stasiun menuju Tarok Aur Atas menuju Jambu Air, dan Tanah Jua menuju kembali ke Jalan Sudirman. *(Mirza)