Pekanbaru – Upaya penanganan pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda sebagian besar wilayah Indonesia terus diperhatikan oleh beberapa dari pihak pemerintah maupun pihak swasta lainnya.

Anak erizal

Dengan sinergitas yang telah terwujud, tentunya permasalahan pandemi Covid-19 lambat laun akan bisa di antisipasi maupun di minimalisir, sehingga nantinya akan dapat membawa perubahan kearah tatanan hidup baru atau new normal.

Tingkat kepadatan masyarakat di pusat-pusat keramaian jelang pergantian tahun 2021 nantinya juga menjadi perhatian khusus oleh pemerintah maupun institusi dan stakeholder lainnya, salah satunya yaitu aktifitas kesibukan pelayanan di terminal maupun pelabuhan selama masa libur natal dan tahun baru.

Sesuai dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan RI No. SE 20 Tahun 2020 yang menjelaskan bahwa pada masa pandemi Covid-19 diperlukannya penyesuaian pelayanan transportasi darat selama masa natal 2020 dan tahun baru 2021 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat mulai dari tempat pemberangkatan, selama perjalanan sampai dengan tempat kedatangan serta melakukan koordinasi dan sinergitas intensif dengan pemerintah maupun stakeholder lainnya.

Untuk itu, secara berkesinambungan upaya koordinasi dan sinergitas yang intensif tersebut telah dilakukan oleh pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepri bersama dengan pemerintah Provinsi Riau, instansi terkait, dan stakeholder lainnya.

Hal ini terlihat dari kerjasama dan perhatian oleh PT. Jasa Raharja cabang Provinsi Riau yang telah melaksanakan upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 dengan melakukan rapid test antigen secara gratis serta pemeriksaan kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh warga dan pengguna jasa Terminal BRPS Tipe A kota Pekanbaru pada Rabu (30/12) Pagi.

Dalam hal ini, Kepala Cabang (Kacab) PT. Jasa Raharja Provinsi Riau Herry Kesuma SE, MM mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pencegahan tingginya penyebaran pandemi Covid-19 disebagian besar wilayah Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan Rumah Sakit Syafira telah melaksanakan rapid test dan pengecekan kesehatan secara gratis di Terminal ini sebanyak lima kali, namun khusus untuk hari ini ada sampel rapid test antigen yang akan kita berikan kepada warga dan pengguna jasa transportasi darat sebanyak 20 buah,” ujar Kacab Herry.

Ia pun juga mengatakan, alasan dilakukan rapid test antigen di Terminal BRPS Pekanbaru karena ditempat inilah berada titik kumpul masyarakat yang akan berangkat maupun bepergian dari luar maupun dalam kota, agar nantinya dapat lebih steril dan mengantisipasi terjadinya penyebaran wabah Covid-19

“Tujuannya agar nantinya dapat lebih steril dan lebih mengetahui kondisi kekebalan tubuh dari warga terminal maupun penumpang yang akan melaksanakan perjalanan keluar kota maupun datang ke kota Pekanbaru ini, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” ujar Herry sembari mengatakan apabila terdapat keluhan kesehatan dan hasil rapidnya reaktif agar dapat melakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit terdekat.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepri Ardono ATD, MT menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak PT. Jasa Raharja yang telah ikut memberikan perhatian kesehatan kepada masyarakat maupun penumpang yang akan bepergian menggunakan transportasi darat di Terminal BRPS Tipe A Pekanbaru.

“Melalui upaya pencegahan bersama yang dilakukan pada hari ini, kami sangat bersyukur sekali, karena pemberian rapid test antigen sangat besar manfaatnya bagi masyarakat khususnya warga terminal dan para penumpang,” urai Ka. Balai Ardono.

Dalam memberikan monitoring dan pengawasan di ruang lingkup terminal BRPS Tipe A Pekanbaru, menurut ardono monitoring dan pengawasan dari berbagai pihak dari instansi pemerintah, BUMN, dan stakeholder lainnya sudah berjalan dengan baik.

“Ini merupakan salah satu wujud koordinasi dan sinergitas kami bersama, dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, selain itu kita juga telah melakukan himbauan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan melalui spanduk-spanduk, sehingga tidak terjadi munculnya cluster baru,” ujar Ardono.

“mudah-mudahan kegiatan positif yang dilakukan oleh jasa raharja ini dapat dipertahankan dan diteruskan di terminal maupun pelabuhan lainnya. Sehingga dengan adanya sinergitas ini dari visi misi transportasi darat, laut, dan udara dapat memberikan kontribusi yang cukup untuk membantu pemerintah dan masyarakat secara umum dalam menekan penyebaran wabah Covid-19,” tambahnya.

Untuk diketahui selain melaksanakan rapid test antigen secara gratis, pihak PT. Jasa Raharja Cabang Pekanbaru juga memberikan sarana dan prasarana seperti alat pencuci tangan dilengkapi dengan sabun dibeberapa titik pintu-pintu masuk terminal BRPS Pekanbaru.

“Dan pada hari ini juga kita diberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, hand sanitizer dan vitamin kepada petugas terminal. Terimakasih sekali lagi,” tutup Kepala BPTP wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepri.

Dalam hal ini, turut menghadiri dan menyaksikan Kadishub Provinsi Riau Drs. Indra Putrayana M.Si yang menyambut positif pelaksanaan rapid tersebut karena berdampak baik kepada warga yang beraktifitas didalam terminal dalam rangka pencegahan wabah Covid-19.

“Kami dari pemerintah Provinsi Riau akan terus mendukung dan tetap terus memantau situasi dan perkembangan arus liburan natal 2020 dan tahun baru 2021 di Terminal BRPS Tipe A kota Pekanbaru,” ungkap Kadishub Indra.

Sementara itu, salah satu agen perwakilan Bus AKAP yang sudah lama berada di Terminal BRPS Pekanbaru menyebutkan bahwasanya penerapan protokol kesehatan telah diberlakukan kepada para calon penumpang yang akan menggunakan jasa transportasinya.

“Kami selaku perwakilan perusahaan armada busa, telah membatasi jarak duduk para penumpang yang akan berangkat, dan juga menyediakan masker serta hand sanitizer di dalam bus,” ujarnya. *(Mirza)