.Solok Kota

Wali Kota Solok Terima Penghargaan Peduli HAM 


Kota Solok, PilarbangsaNews,– Wali Kota Solok Zul Elfian menerima penghargaan Peduli HAM dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Penghargaan tersebut diberikan atas kepedulian pemerintah Kota Solok atas Upaya pemenuhan hak-hak dasar manusia. Auditorium Gubernur Sumatera Barat. Senin (04/21). 


Tahun 2020 ini, dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 439 kabupaten/kota atau sekitar 85,5 persen, yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian untuk dilakukan penilaian KKP HAM oleh tim yang dibentuk Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).


 Dari jumlah partisipan tersebut, hanya 259 kabupaten/kota atau sekitar 59 persen saja yang meraih penghargaan kategori KKP HAM.


” Kita patut bersyukur masuk dalam kategori tersebut. Kita akan tetap berupaya meningkatkan komitmen penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM,” ungkap Wali Kota. 
Tambahnya, Pemerintah pusat melalui program Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM) yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dari keseluruhan tersebut, hanya 59 persen dari total kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan peduli terhadap HAM. 


” Alhamdulillah salah satu diantaranya  adalah Kota Solok, ” tambahnya. 


Dijelaskan Wali Kota, penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) karena dianggap memiliki komitmen dan upayanya untuk memenuhi hak-hak dasar warga dan masyarakatnya. Pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.
Lanjutnya, yang dimaksudkan dengan peduli itu merujuk kepada upaya pemerintah daerah kabupaten/kota, untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakkan,dan pemajuan hak asasi manusia.


” Kita akan tetap berupaya meningkatkan komitmen penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM.  Semoga penghargaan ini akan lebih memacu prestasi yang lebih baik lagi, dalam rangka pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di Kota Solok,” tutup Zul Elfian. (ad) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *