Pekanbaru – Fenomena tumpukan sampah di awal tahun 2021 ini menjadi pemandangan yang kurang baik di sebagian besar diwilayah kota Pekanbaru.

Anak erizal

Permasalahan penumpukan sampah yang terjadi mengakibatkan penyempitan beberapa ruas jalan, diantaranya terlihat di perempatan simpang Jalan Teratai dan Jalan Cempaka.

Kawasan yang berada lebih kurang 50 Meter dari kantor Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi tersebut ternyata sangat menganggu aktifitas layanan masyarakat serta para pengguna jalan.

Setelah dilakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Sukajadi, Lurah Pulau Karomah Ryan Wibowo S.STP M.Si bersama unsur masyarakat melakukan tindakan nyata dengan menghubungi petugas Dinas LHK kota Pekanbaru untuk dapat menurunkan armada pengangkutan agar membersihkan sampah badan jalan tersebut.

Terhitung mulai dari kemarin hingga hari Kamis (07/01/21) siang, menurut Lurah Ryan Wibowo aktifitas pengangkutan sampah telah dilakukan secara berkesinambungan dengan harapan tentunya tumpukan sampah tersebut dapat segera dibersihkan.

“Upaya yang telah kita lakukan hingga saat ini yaitu meminta bantuan kepada Dinas LHK, Dinas PU kota Pekanbaru, dan juga mengajak kepada PT. Wika yang sedang melakukan penggalian IPAL di ruas-ruas jalan agar dapat membantu mengantisipasi permasalahan sampah dengan menurunkan bantuan armada maupun tenaga untuk mengangkut sampah tersebut,” ujar Lurah Ryan.

Selain itu, Lurah Ryan juga telah menginformasikan kepada seluruh RT/RW dan masyarakat agar dapat peduli dan berperan serta aktif dalam bekerja sama mengatasi permasalahan sampah di kota Pekanbaru khususnya dilingkungan Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi.

“Kita melihat permasalahan saat ini bukanlah sepenuhnya menjadi dari pemerintah kota Pekanbaru melainkan merupakan tanggung jawab kita bersama. Jadi dalam kondisi sekarang kita tidak bisa mencari siapa yang salah maupun siapa yang benar, marilah kita bekerja secara maksimal untuk mewujudkan kota Pekanbaru yang bersih dan asri,” tutup Lurah Pulau Karomah. *(Mirza)