Padang, PilarbangsaNews

Hari Kamis 14 Januari 2021 merupakan hari lahirnya Yayasan Hangtuah ke-74 tahun. Perayaan kali ini berbeda dengan perayaan sebelumnya, dikarenakan masih dalam masa pandemi, 14 Januari 2021.

Anak erizal

HUT Yayasan Hangtuah dilaksanakan secara sederhana terpusat di Jakarta yang dipimpin langsung Ketua Pembina Yayasan Ny. Vero Yudo Margono dan Ketua Yayasan Amri Husaini mengusung tema “Dengan Karakter Jiwa Bahari Yayasan Hangtuah Siap Untuk Membentuk SDM Yang Unggul Di Era Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Maju”.

Ny Vero selaku Ketua Pembina Yayasan menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Yayasan Hangtuah bertekad dan berusaha meningkatkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara melalui pendidikan. Apa yang dicapai oleh Yayasan Hangtuah sudah berkontribusi positif pada pembangunan bangsa. Yayasan Hangtuah berhasil menyelenggarakan pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Hal itu tidak terlepas dari dukungan TNI Angkatan Laut.

Pada acara HUT Hangtuah kali ini dilaksanakan penyerahan 115 beasiswa oleh Ketua Pembina Yayasan Hangtuah, Ny. Vero Yudo Margono kepada siswa SD SMP, 11 SMA, dan 12 mahasiswa yang dilaksanakan secara virtual.

Pada pelaksanaan HUT Yayasan Hangtuah kali ini, ada hal yang menarik. Pemotongan tumpeng dilakukan serentak di seluruh Yayasan Hangtuah se Indonesia diawali oleh Ny. Vero potongan tumpeng diberikan kepada Amri Husaini.

Di Lantamal II potongan tumpeng dilakukan oleh Ny. Santi Hargianto selaku pembina Yayasan Hangtuah didampingi Danlantamal yang diberikan kepada Mayor Laut (KH) Yohanes.S.Pd., sebagai ketua Yayasan Hangtuah Padang.

Pemotongan tumpeng, merupakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan kekuatan, kemampuan bagi pengurus Yayasan Hangtuah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Acara ulang tahun Yayasan Hangtuah di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang, diselenggarakan di gedung serba guna Nanggala. Hadir pada pelaksanaan acara Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.,M.M.,M.Si (Han). Ny Santi Hargianto selaku pembina Yayasan Hangtuah di Padang, Kepala Yayasan Hangtuah Padang Mayor Yohanes .S.Pd, Asisten, Guru pada Yayasan Hangtuah, Ka Kuwil, Dandenma dan pengurus Jalasenastri Korcab II DJA I.

Sambutan Danlantamal pada saat HUT Yayasan Hangtuah menyampaikan, sebagai pelaksanaan fungsi perawatan personel atau Watpers, diperlukan suatu upaya untuk menyikapi sekolah negeri yang gratis. Sementara di Hangtuah masih berbayar sehingga terjadi dilema. Lantamal akan mendukung untuk memfasilitasi Yayasan Hangtuah dalam menjalankan pendidikan bagi keluarga TNI AL, khususnya Lantamal II.

Pelaksanaan HUT Hangtuah kali ini tetap mempedomani Protokol Kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mengukur suhu tubuh bagi undangan dan menyiapkan hand sanitizer oleh panitia.

Demikian disampaikan oleh Dispen Lantamal II. (gk)