Agama

Alhamdulillah, Rumah Tahfiz Nagari Pitalah Siap 93 Persen

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Wali Nagari Pitalah, Tanah Datar, Suharmi
St. Sati mengatakan, pihaknya kini telah selesai membangun Rumah Tahfiz melalui alokasi dana nagari sebesar Rp424.631.000 dan fisiknya sudah mencapai 93 persen.

Hal itu disampaikan Wali Nagari Pitalah Suharmi St. Sati didampingi Sekretaris Nagari Irwan Dt. Jo Intan kepada PilarbangsaNews, Kamis (11/2).

Keinginan untuk membangun Rumah Tahfiz tersebut karena ingin mendorong anak anak di Nagari Pitalah sebagai penghapal Al Qur’an, apalagi Kabupaten Tanah Datar sudah dicanangkan sebagai Kabupaten Tahfiz oleh Bupati Tanah Datar Alm Irdinanyah Tarmizi tiga tahun yang lalu. Semangat anak anak di Nagari Pitalah untuk berlajar tahfiz mulai meningkat dan hampir setiap surau di Nagari Pitalah sudah ada anak anak yang berlajar tahfiz.

Menurut Suharmi St. Sati juga ada permintaan dari sejumlah tokoh masyarakat untuk bisa membangun Rumah Tahfiz di Nagari Pitalah sehingga akhirnya melalui dana desa dialokasikan tahun 2020 lalu sebesar Rp510 juta, tapi karena adanya pengalihan dana akibat Covid-19 maka dana untuk pembangunan itu sebesar Rp424.631.000. Akibatnya belum siap sampai 100 persen karena ada pemotongan dana untuk kegiatan pemberian bantuan langsung tunai kepada masyarakat.

Dukungan pengurus mesjid dalam kegiatan ini adalah menghibahkan tanah untuk pembangunan Rumah Tahfiz sesuai dengan aturan yang ada, sehingga pembangunan itu bisa dilaksanakan.

Rumah Tahfiz ukuran 15 x 7,5 meter ini terdiri dari empat ruang berlajar dan ruang pertemuan. Pembangunan dimulai dari bulan Juni sampai bulan Desmber 2020.

Menurut Wali Nagari, untuk penyelesaian Rumah Tahfiz ini belum bisa dilanjutkan pada tahun 2021 dengan Dana Desa. Namun sudah ada perantau yang menyatakan kesediaannya untuk menyelesaikan pembangunan Rumah Tahfiz ini, termasuk pembelian mobiler.

Peserta dari Rumah Tahfiz ini berasal melalui seleksi masing masing surau, dan belajar dipusatkan di Rumah Tahfiz dengan mendatangkan guru guru tahfiz dari Padang Panjang.

Menurut Wali Nagari Pitalah, yang membanggakan, sudah ada anak di nagarinya yang hapal Al Qur’an hingga 10 juz. Bahkan pada waktu wisuda tahfiz di Pagaruyung beberapa waktu lalu, sekitar 11 orang anak Nagari Pitalah lulus tahfiz dan satu orang anak Nagari Pitalah ikut dalam peserta MTQ tingkat Sumbar atas nama Akhlakul Qorimah.

Saat ini tercatat 100 orang anak Nagari Pitalah yang belajar tahfiz. Untuk guru pengajar tahfiz didatangkan dari Padang Panjang. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *