.

Buka Latsar CPNS, Wagub AudyIngatkan Profesionalitas Pegawai

Padang, PilarbangsaNews

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy membuka Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) 2021 golongan III angkatan XXII dan XXIII di lingkungan Pemprov Sumatera Barat di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Selasa (25/5/2021).

Wagub Audy Joinaldy mengapresiasi para peserta Latsar, sebab dari ribuan orang yang mengikuti tes untuk menjadi ASN tahun 2020 lalu, hanya peserta Latsar ini lulus.

“Ini patut saudara bersyukuri kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada orangtua yang ikut mendukung semua ini,” ucap Audy.

Latsar ini merupakan persyaratan untuk menjadi PNS yang sesungguhnya, yang nantinya diwujudkan dengan sebuah sertifikasi yang didapatkan. Sehingga menjadi sebuah kepantasan dan kewajaran.

Sejalan dengan telah ditetapkannya UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasonalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Audy menjelaskan, Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan PNS dengan menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI dan menguasai kompetensi teknis sesuai bidangnya.

Peserta yang mengikuti Pelatihan Dasar CPNS ini berjumlah 76 orang yang terdiri dari dua angkatan, berasal dari Dinas Pendidikan Sumbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sumbar, RS Dr Achmad Mochtar, RSJ HB. Saanin Padang, RSUD M. Natsir Solok serta RSUD Pariaman. (BAP/Nov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *