.

Viral di Medsos, Bupati Eka Putra Perintahkan Audit Biaya Kapal BA Ombilin

Batusangkar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE meminta agar biaya perawatan Kapal BA Ombilin yang rusak dalam keadaan kandas di Tapian Bonjo Danau Singkarak, Nagari Batu Taba, Batipuh Selatan, agar diaudit secara menyeluruh.

Hal tersebut dikatakan Eka Putra ketika meninjau keberadaan kapal tersebut bersama Wakil Bupati Richi Aprian, Kadis Perhubungan Tanah Datar Hardian Fikri, Camat Batipuh Selatan, Heru Rahman, Kamis (27/5).

“Kapal ini merupakan bantuan Kementrian Perhubungan, namun infonya ada biaya pemeliharaan. Karena kami baru sebagai Bupati, kami minta diaudit biaya pemeliharaan selama ini,” kata Eka Putra.

Kebijakan ini disampaikan bupati setelah mendengarkan paparan Kadishub Hardian Fikri tentang sejarah dan status kapal tersebut.

Kata Kadishub, Kapal BA Ombilin sudah ada di Danau Singkarak sejak tahun 2012. Kapal tersebut merupakan aset Kementerian Perhubungan, namun biaya pemeliharaan dibebankan kepada Pemkab Tanah Datar.

“Kapal ini pernah dua kali mengalami kecelakaan, karam dan tenggelam tahun 2013 dan 2017,” kata Hardian Fikri pada kunjungan yang juga dihadiri Wali Nagari Batu Taba Desriyanto tersebut.

Kadishub juga memaparkan bahwa Dishub Tanah Datar sempat membuat surat kepada Kementerian Perhubungan untuk mengembalikan kapal tersebut karena kapal ini dianggap tidak sesuai untuk danau, sementara biaya pemeliharaannya sangat tinggi. Namun, pihak kementerian berpijak dari surat sebelumnya bahwa Pemkab Tanah Datar bersedia menerima kapal tersebut. Jadi, sejak tahun 2020 Dishub Tanah Datar tidak lagi menganggarkan biaya perawatan Kapal BA Ombilin.

Sebelumnya, Kapal BA Ombilin yang kandas di pinggiran Danau Singkarak ini viral di sosial media. Pada berbagai Grup WhatsApp dan Facebook nitizen membicarakan tentang kapal tersebut.

Bupati Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada pegiat sosial media yang memberikan informasi-informasi penting kepada pemerintah daerah. “Kami yang tadinya tidak tahu, kini menjadi tahu. Jadi kami berterima kasih kepada netizen,” ujar pria yang juga Wabendum DPP Partai Demokrat ini. (*/hj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *