Hukum

43 Pasang Pengantin Sidang Itsbath Nikah Terpadu di Selakau

Sambas, PilarbangsaNews

Bertempat di halaman Kantor KUA Desa Sungai Nyirih, Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas dilaksanakan Sidang Itsbath Nikah Terpadu Kecamatan Selakau dan Selakau Timur, Kabupaten Sambas Tahun 2021, Kamis (27/5).

Itsbath Nikah adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sah-nya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum serta bemanfaat sangat besar bagi masyarakat, terutama legalitas formal bagi masyarakat yang pernikahannya belum tercatat di negara.

Dalam sambutannya Danramil 1208 – 06/Selakau Letda Arm Kahar menyampaikan siap mendukung Pengadilan Agama Kec. Selakau yang bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Kantor Dinas Kependudukan serta Catatan Sipil Kabupaten Sambas menyelenggarakan Sidang Itsbath Nikah terpadu yang dilaksanakan ini.

“Semoga kedepan Pemkab Sambas bisa memberikan perhatian khusus kepada peserta Sidang Itsbath terpadu, sehingga biaya sidang bisa gratis dan masyarakat bisa merasakan pembangunan mental spiritual,” ucap Danramil Kahar.

Kepala Pengadilan Agama Kelas 1 B Kab. Sambas M Toyeb, S,Ag. SH, menambahkan, dengan Sidang Itsbath Nikah Terpadu ini kami memberikan ucapan selamat kepada pasangan dan diberikan buku nikah.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Toyeb kepada Kepala Desa Se-Kecamatan Selakau dan Selakau Timur, serta pasangan Pasutri yang melaksanakan sidang Itsbath Nikah terpadu ini.

Sementara itu, Camat Selakau H. Abrar S. Ip. menambahkan ada 43 pasang suami istri yang mengikuti sidang itsbath tahun 2021 di Kecamatan Selakau dan Selakau Timur. “Dalam sidang itsbath ini secara simbolis kami menyerahkan buku nikah kepada mempelai,” ujarnya.

“Selamat kepada penerima buku nikah dan terima kasih kepada Pengadilan Agama, Dinas Kependudukan Catpil, Kantor Kementerian Agama dan pihak-pihak terkait yang sudah membantu pelaksanaan Itsbath Nikah,” ucap Camat Selakau.

Lanjut Camat menambahkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang belum memiliki buku nikah. “Adanya kegiatan Itsbath Nikah ini adalah wujud sinergitas yang ada di Pemerintah Kabupaten Sambas,” tutupnya. Demikian disampaikan oleh Pendim 1208/Sambas. (Mad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *