Lintau, PilarbangsaNews

Di Provinsi Sumatera Barat umumnya dan Kabupaten Tanah Datar khususnya, keberadaan SMAN 1 Kecamatan Lintau Buo tidak asing lagi. Kenapa? Karena sekolah yang berlokasi di Nagari Tanjung Bonai dan dekat dengan Pasar Kamis Balai Tangah itu sarat dengan prestasi.

Prestasi tersebut bukan hanya untuk tingkat kabupaten, tapi level provinsi seperti sebagai sekolah yang berprediket Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Sehat. Kemudian juga dibidang olah raga, khususnya cabang olah raga bola voli, dimana SMAN 1 Lintau Buo ini merupakan jawara di Kabupaten Tanah Datar.

Kenyataan ini tidak ditepis oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Lintau Buo, Jon Wilson, S.Pd, M.Si ketika bincang-bincang dengan PilarbangsaNews, Kamis (10/6) di Balai Tangah.

Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2017 diraih sekolah ini dan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi tahun 2019 dan maju tingkat nasional seharusnya tahun 2021 ini, akan tetapi penilaian diundur tahun depan.

“Spirit kebersamaan antar majelis guru, dan edukasi tak henti kepada siswa merupakan pelecut bagi kami di sini untuk menggapai prestasi,” ujar Jon Wilson mengungkapkan resep keberhasilannya.

Selain itu yang tidak kalah perannya dalam kemajuan SMAN 1 Lintau Buo adalah dukungan dan support dari Komite Sekolah terhadap setiap program yang dilakukan sekolah.

Kemudian dibidang akademik, pada tahun ajar 2020/2021, siswa yang baru saja menamatkan sekolahnya diterima sebagai mahasiswa undangan diberbagai perguruan tinggi negeri di tanah air ini sebanyak 76 orang.

“Alhamdulillah anak-anak kita yang berstatus mahasiswa undangan tahun ini berjumlah 76 orang.Hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu yang berjumlah 43 orang,” terangnya.

Ditambahkannya, SMAN 1 Lintau Buo ini memiliki 28 rombel (lokal) dengan tenaga pengajar (majelis guru) 57 orang. “Untuk tenaga guru ini, yang masih kurang adalah guru geografi, agama, dan olah raga,” ucap Wilson.

Dengan jumlah siswa 900 orang lebih, untuk tahun ajar 2021/2022, SMAN 1 Lintau Buo ini menerima siswa baru sebanyak 9 rombel. Satu rombel berjumlah 36 orang, sebut Jon Wilson yang saat wawancara ini didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Susi Suryanti, M.Pd. (wba).