.

Wadan Lantamal Cek Persiapan Kampung Bahari Nusantara di Bungus

Padang, PilarbangsaNews

Menuju masyarakat pesisir yang mapan di bidang ekonomi, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang menyiapkan beberapa cluster bidang untuk membentuk Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang akan dilaunching pada 17 Juni 2021.

Cluster Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM pada bidang usaha pembuatan tas dan eco print batik merupakan bidang yang menonjol langsung dibawah pembinaan Ketua Kordinator Cabang (Korcab) II Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny Santi Hargianto. Hadir dalam peninjauan pada Kamis (10/6) itu ibu-ibu pengurus Jalasenastri Korcab II DJA I yang melakukan pelatihan beberapa hari dengan mengajak masyarakat nelayan Sungai Pisang melakukan pembuatan tas dan eco print batik.

Untuk cluster rumah pintar atau Rumpin juga sudah menyiapkan rumahnya dan beberapa perlengkapan lain yang mendukung Rumpin itu sendiri antara lain, penyiapan rak atau lemari buku dan penyiadaan buku bacaan serta pemasangan Wi-Fi.

Cluster keramba jaring apung ikan kerapu, juga sudah dilakukan penyiapan dan peninjauan pada lokasi keramba tepatnya di Desa Sungai Nyalo.

Tas dan eco print batik

Cluster pelatihan selam dan penanaman mangrove juga sudah menyiapkan alat peralatanya. Diharapkan pada saat pembukaan nanti pada masing masing cluster melaksanakan sesuai petunjuk teknis yang sudah ditentukan.

Pada cluster Bhaksos atau sunatan massal juga sudah menyiapkan alat peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya nanti, termasuk pemberian kacamata baca gratis.

Pada masing masing ketua bidang yang menjadi penanggung jawab kegiatan sudah menyiapkan bagiannya pada beberapa hari sebelumnya.

Kesiapan seluruh bidang ditinjau langsung oleh Wakil Komandan Lantamal (Wadanlantamal) Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi.S.E.,S.H.,M.M., yang didampingi Asrena, Aspotmar, serta Kadispotmar selaku Dansatgas pada pelaksanaan KBN ini.

Wadanlantamal menekankan kepada para Kabid kegiatan, agar laksanakan penyiapan pada masing-masing bidang dengan baik dan terencana hindari kesalahan. Tanggung jawab yang dipercayakan dan diberikan pimpinan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik dan ikhlas.

KBN ini merupakan program dari TNI Angkatan Laut yang bertujuan mengangkat perekonomian masyarakat pesisir. Tujuan yang sangat mulia, mari kita tunjukan kepada masyarakat.

Pada saat peninjauan Wadanlantamal beserta rombongan, kelihatan dari unsur masyarakat, Camat Bungus Teluk Kabung, Camat Sungai Pisang serta tokoh masyarakat lainya. Demikian disampaikan oleh Dispen Lantamal II. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *